Riwayat Surat Yang Terlupakan

Publikasi Minggu, 28 Juni 2015 oleh Achmad Maulidi,
Surat sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan informasi lewat tulisan yang dibuat oleh satu pihak kepada pihak lain. Komunikasi dalam bentuk surat biasanya berisi informasi yang dapat dijadikan sebagai bukti ontentik. Sedangkan jenis surat dapat dibedakan surat resmi dan surat tidak resmi.

Surat resmi yang dibuat dengan aturan tertentu bisa menjadi sebuah data ontentik yang syah secara hukum karena di lengkapi dengan kop surat, waktu dan tempat pembuatan serta tanda tangan yang mengeluarkan surat sebagai bukti kebenaran surat tersebut. Bahkan biasa ditambah dengan materai. Dengan ini maka kekuatan hukum sebuah surat tersebut menjadi semakin jelas. Sampai saat ini, surat resmi masih berlaku dan banyak digunakan oleh instansi pemerintahan maupun perusahaan.


Riwayat Surat Yang Terlupakan


Riwayat Surat Yang Terlupakan

Namun seiring perkembangan jaman dan kemajuan teknologi, ada jenis surat yang mungkin tinggal kenangan yaitu surat pribadi yang dulu banyak digunakan sebagai berkomunikasi pribadi, baik itu keluarga maupun rekan.

Sebenarnya kita itu sudah dibiasakan menulis dengan tangan saat di sekolah bahkan diajarkan bagaimana cara menulis agar rapi, rata, bahkan diatur cara tebal tipisnya huruf yang ditulis, mirip kaligrafi. Dan mungkin orang tua atau kakek kita dahulu  membuat satu surat cinta dengan tulisan tangan, menyediakan waktu berjam-jam agar surat cintanya diterima dan di-koleksi oleh pacar dengan ikatan pita merah.

Keberadaan surat tidak resmi, apalagi tulisan tangan, semakin tergerus dengan adanya kemajuan teknologi yang memudahkan orang untuk berkirim kabar secara cepat, efisien dan murah. Orang tidak lagi dipersulit mencari sehelai kertas, pulpen, amplop dan perangko sebagai biasa jasa pengiriman dan tidak lagi menuju kotak surat (bis surat). Cukup dengan sebuah handphone atau telepon seluler, orang dengan cepat dapat mengirim informasi kepada pihak lain.

Belum lagi kemajuan internet dengan layanan surat elektronik (email), aplikasi chatting semakin menjauhkan surat dari kehidupan seseorang.

Cobalah bertanya kepada diri sendiri, kapankah Anda terakhir kalinya menulis atau menerima surat yang masih ditulis dengan tulisan tangan? 


Riwayat Surat Yang Terlupakan - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus