Sosok Jerry Yang Pendiri Yahoo

Publikasi Jumat, 10 Juli 2015 oleh Achmad Maulidi,
Jerry Yang terlahir dengan nama Yang Chih Yuan di Taipeh Taiwan pada tahun 1968. Nama Jerry Yang dipakai setelah keluarganya migrasi ke Amerika Serikat, sewaktu berusia 10 tahun. Jerry Yang menempuh pendidikan tingkat sarjana di Stanford University tahun 1990 dan mendapat gelar sarjana muda dan master dalam waktu 4 tahun karena kecerdasan yang dia miliki.

Sosok Jerry Yang Pendiri Yahoo

Jerry Yang pun melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi tingkat doktor untuk menambah ilmu pengetahuan. Di sinilah, Yang bertemu dan berkenalan dengan David Filo yang juga sangat menyukai kegiatan surfing di internet.

Keakraban mereka dalam dunia internet telah banyak membuat link-link favorit sehingga daftar yang mereka buat menjadi terlalu panjang. Oleh karena itu, mereka membaginya menjadi kategori-kategori kemudian sub-sub kategori. Situs yang mereka buat berjudul “Jerry’s guide to the world wide web”, namun kemudian berganti nama menjadi Yahoo! singkatan dari "Yet Another Hierarchical Officious Oracle”.

Tujuan awal dari pembuatan situs tersebut adalah sebagai alat untuk mencari sesuatu di internet. Semula yang mengakses ke direktori Yahoo! hanya Yang, Filo dan beberapa teman dekat mereka di Universitas Stanford. Namun, kemudian banyak orang yang mengakses ke Yahoo!. Akhirnya mereka menjadikan Yahoo! sebagai bisnis.

Jerry Yang mengundurkan diri sebagai CEO Yahoo pada Januari 2009, setelah menolak tawaran akuisisi dari Microsoft. Dia meninggalkan dewan direktur Yahoo pada awal tahun 2012 Jerry Yang akhirnya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak 1995. Ia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana.

Jerry Yang berfokus pada perusahaan teknologi generasi baru sebuah perusahaan ventura, AME Cloud Ventures, telah berinvestasi di lebih dari 50 startups yang membuat atau mengumpulkan data, termasuk Evernote, Wattpad dan Tango. Dia juga di dewan direksi e-commerce raksasa di Cina Alibaba dan perusahaan perangkat lunak. 

Menurut daftar orang terkaya versi Forbes 2016, Jerry Yang menduduki peringkat ke 1198 sedunia dan ke 401 di Amerika Serikat dengan kekayaan $1.87 miliar.


Sosok Jerry Yang Pendiri Yahoo - Kanal Pengetahuan



Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus