Pengertian dan Sejarah Blogger

Publikasi Sabtu, 19 September 2015 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian dan Sejarah Blogger dalam tulisan ini merupakan pengertian nama layanan blog milik Google yaitu blogger.com. Sedangkan pengertian blogger yang sebenarnya adalah orang yang melakukan kegiatan weblog (blog).

Blogger.com merupakan layanan blog dengan hosting gratis milik dari perusahaan raksasa terkenal, Google. Dengan menggunakan nama domain blogspot.com semua orang bisa menikmati layanan ini dengan gratis.


Sejarah Singkat Blogger


Salah kaprah pengertian blogger itu disebabkan penggunaan nama blogger menjadi sebuah layanan blog yang dibuat oleh Pyra Labs milik Evan Williams dan Meg Hourihan pada tahun 1999 yang menggunakan nama awal Pyra. Awalnya hanya sebuah aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas. Kemudian aplikasi Pyra diubah menjadi Blogger sebagai format blog untuk internet meski masih dalam taraf beta.

Format blog yang bernama blogger tersebut oleh Paul Bausch dan Matthew Haughey, pada 23 Agustus 1999 mulai disebarkan di internet dengan membayar lisensi penggunaannya, tidak gratis seperti sekarang.

Tahun 2002, aplikasi blog Blogger didesain ulang keseluruhan agar lebih simpel, mudah dan ditawarkan kepada perusahan-perusahaan. Globo dari Brazil yang pertama kali berminat. Google sebagai pendatang baru di internet tertarik dan pada Pebruari 2003 Blogger diakuisisi. Bukan hanya aplikasinya, juga perusahaan sekaligus pendiri dan seluruh karyawannya. Namun Evan Williams salah satu pendiri Pyra, mengundurkan diri tahun 2004.

Pada 9 Mei 2004, Blogger diperbaharui memenuhi standar web. Beberapa fitur ditambah seperti halaman arsip individual untuk posting dan komentar, serta fitur posting blog melalui email juga ditambahkan untuk memudahkan membuat artikel.




Pengertian dan Sejarah Blogger - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus