Sejarah Singkat Twitter

Publikasi Selasa, 29 September 2015 oleh Achmad Maulidi,
Saat ini siapa sih yang nggak kenal Twitter? Salah satu layanan jejaring sosial unik karena penggunanya dapat membaca & mengirim pesan dengan basis teks yang maksimal 140 karakter. Pesan atau status yang terbatas tersebut tersebut dikenal sebagai tweet atau kicauan.

Sejarah Twitter pada awalnya dari sebuah diskusi yang digagas & diselenggarakan oleh perusahaan podcast, nama perusahaan tersebut Odeo. Seorang sarjana lulusan Universitas New York, Jack Dorsey, mengemukakan pendapat & idenya tentang pemakaian layanan pesan singkat yang bisa digunakan sebagai alat komunikasi kelompok kecil. Twitter yang didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret tahun 2006 setelah dirilis di dunia internet, kini sudah menjadi salah satu dari 10 situs yang tersering dikunjungi.

Sejarah Singkat Twitter


Sejarah Twitter dan Perkembangannya


Kode asli dari layanan proyek itu bernama twttr. Ide yang selanjutnya diteruskan Evan Williams lalu diungkapkan Noah Glass. Gagasan itu terinspirasi dari kode singkat dari SMS Amerika & Flickr yang memiliki jumlah 5 digit. Kode singkat “10958” pada awalnya digunakan oleh para developer atau pengembang sebagai layanan ini, akan tetapi dengan berjalannya waktu maka diputuskan untuk berubah menjadi “40404”.

Perubahan kode singkat ini bertujuan agar memudahkan pengingatan dan penggunaan. Tanggal 21 Maret 2006, proyek ini pengerjaannya dimulai.

Pada website Twitter, pengguna tanpa akun cuma dapat membaca kicauan tweet. Sedangkan bagi pengguna yang memiliki akun medsos tersebut maka bisa berkicau lewat antarmuka situs, handpone, SMS (pesan singkat).

Twitter dalam kurun waktu hampir 10 tahun ini mengalami pertumbuhan dan popularitas yang pesat di seluruh dunia. Hingga bulan September 2015, sudah ada 900 Juta pengguna yang telah daftar, dan 500 Juta merupakan akun aktif.

Lonjakan yang sangat signifikan Twitter biasanya ketika terjadi peristiwa penting atau populer. Akibat popularitas sosial media yang tinggi sekali itu maka banyak dimanfaatkan oleh semua orang dalam segala aspek.

Contoh apabila telah membuat Twitter anda akan bisa menggunakannya untuk kampanye politik, jualan online, bisnis online, berbagi informasi, sarana protes dan masih banyak yang lainnya.

Setelah mengetahui sejarah singkat Twitter, jika mau buat akun twitter? Simak di sini https://www.oiru.net

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus