Mengenal Kucing Siamese (Siam)

Publikasi Senin, 11 Januari 2016 oleh Achmad Maulidi,
Kucing Siamese diakui sebagai kucing Oriental dan disebut juga dengan nama kucing siam. Kucing Siamese merupakan kucing lokal dengan bulu pendek yang berasal dari negeri Siam yang sekarang lebih dikenal dengan Thailand. Akan tetapi, saat ini merupakan kucing yang elegan, ramping, bergaya, fleksibel dan memiliki tubuh yang berotot (Siamese modern).

Anatomi kucing siam memiliki kepala yang berbentuk segitiga dengan moncong yang tipis, matanya berbentuk seperti kacang almond dan miring dengan warna biru. Keistimewaan  dari kucing Siamese ini adalah bulu yang pendek, mengkilap, halus dan lembut serta ditandai skema warna yang khas. Telinga besar dan runcing serta hidungnya yang panjang serta tubuhnya yang ramping membuat kucing siam memiliki penampilan yang mudah diingat.

Kucing Siamese (Siam)


Karakteristik Kucing Siamese (Siam)


Kucing Siamese selalu suka menjadi pusat perhatian dan sangat dekat dengan manusia. Kucing siam ini sangat komunikatif dengan mengeluarkan yowling (meong) yang serak untuk menarik perhatian atau ingin diajak ngobrol. Uniknya, kucing ini bisa berisik atau sedih jika diabaikan. Kucing siamese suka dibelai dan setia kepada pemiliknya, juga sangat cerdas, selalu ingin tahu dan penuh kasih sayang.

Kucing Siam lahir tanpa warna dan pola tertentu, kemudian akan berubah saat mereka dewasa yaitu warna gelap akan muncul di telinga, moncong, kaki dan ekor. Selain itu, kucing ini dikenal mampu mengeluarkan berbagai suara serta teriakan. Kadang menjengkelkan karena terlalu berisik jika diabaikan.

Ada tiga jenis kucing siamese (siam)

Kucing Siamese (Siam)


1. Kucing Siam Tradisional (Oriental Siamese Cat)
Kucing siam tradisional disebut juga Applehead Siamese karena bentuk kepalanya menyerupai buah apel. Tubuhnya bulat dan tulang yang berat dari kucing siam tradisional cocok dengan kepalanya yang bulat. Jenis kucing ini paling besar di antar ketiga jenis kucing siam.

2. Kucing Siam Klasik ( Classic Siamese Cat)
Kucing siam klasik disebut juga kucing Siam oldstyle. Memiliki penampilan lebih mirip kucing siam tradisional namun ukurannya lebih kecil. Kucing siam klasik memiliki ekor dan kaki yang panjang serta penampilannya lebih memanjang. Sedangkan bentuk wajahnya mirip segitiga disertai cekungan kecil dihidungnya. Jenis kucing ini terkenal memiliki masalah kesehatan.

3. Kucing Siam Modern (Modern Siamese Cat)
Kucing siam modern atau Wedgehead Siamemese merupakan satu-satunya jenis kucing Siam yang telah direkayasa secara genitis. Kucing ini hasil persilangan antara kucing Siam tradisional dengan kucing Siam klasik, dan mudah dikenali karena kepalanya berbentuk seperti baji.

Ketiga jenis kucing Siam memiliki pola dan warna yang sama serta mata berwarna biru. Selain itu kucing siamese (siam) dikenal karena loyalitas, kecerdasan dan rasa ingin tahu. Kucing ini banyak dijual belikan di Indonesia dengan harga kucing siam yang bervariasi.


Mengenal Kucing Siamese (Siam) - Kanal Pengetahuan



Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus