Golongan Darah Yang Disukai Nyamuk

Publikasi Senin, 11 April 2016 oleh Achmad Maulidi,
Nyamuk serangga kecil ini sering membuat jengkel manusia karena mengganggu saat istirahat atau tidur. Parahnya juga menyebabkan beberapa penyakit berbahaya kepada manusia akibat gigitannya. Sekitar 4,2 miliar orang di di negara-negara beriklim tropis berisiko terkena malaria akibat nyamuk terutama bagi pemilik golongan darah tertentu.

Golongan Darah Yang Disukai Nyamuk

Hidup nyamuk umumnya menumpang pada manusia dengan menghisap darah manusia. Namun ternyata nyamuk juga suka memilih jenis golongan tertentu sebagai sasaran. Meskipun belum diketahui penyebab secara pasti, manusia yang memiliki golongan darah O lebih disukai nyamuk daripada golongan darah lainnya.

Elizabeth Tanzim MD seorang dokter kulit dari Amerika Serikat, seperti yang dikutip Cosmopolitan menjelaskan bahwa golongan darah O memiliki resiko digigit nyamuk lebih tinggi. Nyamuk bisa merasakan, melalui sekresi kulit golongan darah O yang cenderung lebih sensitif dan akan tampak bentol-bentol akibat pelepasan sel dari gigitan nyamuk.

Selain itu, penelitian dari Japan's Institute of Pest Control Technology, juga menyebutkan bahwa orang yang memiliki golongan darah O lebih rentan menderita malaria karena merupakan golongan darah yang disukai nyamuk. 

Nyamuk dan beberapa serangga lain dapat mencium bau tubuh manusia karena memiliki kemampuan menangkap bahan kimia tertentu yang ada di udara. Antena yang ada pada kepala nyamuk tersebut berfungsi sebagai sinyal penanda aroma yang dipancarkan dari kulit manusia. Oleh karena itu, untuk menghindari gigitan nyamuk disarankan sering membersihkan badan setelah melakukan aktivitas. Atau dapat juga menggunakan lotion anti nyamuk pada kulit agar bau tubuh tidak terdeteksi dengan baik oleh nyamuk.

Beberapa peneliti mengungkapkan juga bahwa ada karakteristik lain yang bisa menjadi daya tarik nyamuk untuk dijadikan sebagai mangsa seperti: wanita yang hamil, menstruasi karena memproduksi panas dan karbon dioksida lebih serta orang yang konsumsi alkohol.

Perlu untuk diketahui bahwa hanya nyamuk betina yang menggigit dan menghisap darah karena dibutuhkan untuk protein dan energi dalam memproduksi telur. Sedangkan pada nyamuk jantan hanya mencari makan dari nektar bunga yang rasanya manis. Selain itu terdapat jenis nyamuk yang mencari mangsa pada hewan burung, reptil, dan mamalia lain dan tidak menggigit manusia sama sekali.


Golongan Darah Yang Disukai Nyamuk - Kanal Pengetahuan



Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus