Mitos dan Fakta Makan Durian

Publikasi Senin, 02 Mei 2016 oleh Achmad Maulidi,
Buah durian memiliki rasa dan aroma yang khas sehingga buah ini memiliki peminat atau penggemar yang fanatik di Indonesia. Buah yang mendapat julukan sebagai raja dari segala buah ini selain memiliki kelezatan (bagi yang suka) ada beberapa mitos dan fakta tentang makan durian yang berhubungan dengan kesehatan.

Mitos dan Fakta Makan Durian

Mitos Makan Durian

Makan durian dapat meningkatkan kolesterol

Pendapat ini salah karena faktanya durian tidak mengandung kolesterol. Sebaliknya, durian memiliki lemak tak jenuh rantai tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol LDL. Belakangan diketahui bahwa buah alpukat justru yang memiliki kandungan kolesterol. Kolesterol sendiri dapat ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, seafood dan produk susu.

Makan durian dibarengi minum bir bisa menyebabkan kematian

Pendapat ini salah dan hanya mitos karena belum ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa keduanya merupakan kombinasi yang dapat menyebabkan kematian. Akan tetapi, jika makan durian dan minum bir bersamaan secara berlebihan dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada perut, gangguan saluran cerna, diare dan gangguan pada hati, disebabkan kesulitan metabolisme lemak dan gula yang terkandung dalam durian dan bir secara bersamaan.

Makan durian dapat meningkatkan gairah seksual

Pendapat ini hanya mitos karena durian bukan merupakan suatu afrodisiak yang dapat meningkatkan libido. Tidak dapat dipungkiri bahwa makan buah durian berlebihan akan menimbulkan rasa panas dalam tubuh karena kandungan durian memang dapat meningkatkan temperatur tubuh Anda. 

Fakta Makan Durian Dalam Kesehatan

Makan durian bisa meningkatkan berat badan

Benar dan fakta karena 1 biji durian sendiri (setara 40 g) memiliki 54 kalori. Jika 1 buah durian dengan berat 1 kg di makan maka 1350 kalori akan masuk ke dalam tubuh. Padahal 2000 kalori direkomendasikan untuk kebutuhan kalori harian orang dewasa. Makan durian dapat meningkatkan berat badan namun seberapa banyak menghabiskan durian?

Makan durian berbahaya untuk penyandang diabetes

Benar dan fakta karena durian mengandung kadar gula yang sangat tinggi. Durian mengandung gula sederhana yaitu: sukrosa, fruktosa dan glukosa yang dapat langsung meningkatkan kadar gula di dalam darah. Untuk penderita diabetes, harus menghindari buah yang satu ini.

Makan durian dapat meningkatkan energi secara instan

Benar dan fakta karena tingginya karbohidrat yang terkandung di dalam buah durian, sehingga dapat meningkatkan level energi secara cepat (pada individu yang sehat). Kadar potassium yang tinggi di dalam durian juga dapat membantu mengurangi kelelahan, stres mental dan kecemasan.

Durian kaya akan nutrisi

Benar dan Fakta. Durian secara alami kaya akan potasium, serat, besi, vitamin C dan vitamin B kompleks.Buah durian juga dapat meningkatkan kekuatan otot, tekanan darah, pergerakan saluran cerna dan baik untuk kulit. Selain itu juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah.

Durian nyatanya memang buah yang kaya akan nutrisi. Jika dikonsumsi dalam batas yang cukup, maka durian dapat memberikan pasokan vitamin, mineral dan lemak baik. Sebaiknya makan durian dalam jumlah yang wajar yaitu sekitar 2-3 biji saja.

Referensi: http://www.klikdokter.com/


Mitos dan Fakta Makan Durian - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus