Pengertian Chuunibyou

Publikasi Jumat, 19 Agustus 2016 oleh Achmad Maulidi,
Bagi penggemar anime dan manga pasti mengenal istilah Chuunibyou seperti judul anime yang sangat terkenal ini yaitu "Chuunibyou demo Koi ga Shitai!" yang ditulis oleh Torako, dengan ilustrasi gambar oleh Nozomi Ōsaka. Namun, apakah pengertian Chuunibyou itu?

Chuunibyou (中二病) adalah istilah sehari-hari dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk menggambarkan seseorang yang berperilaku delusi atau suatu keyakinan yang dipegang secara kuat namun tidak akurat. Salah satunya berpikir memiliki kekuatan khusus yang tidak ada orang lain memilikinya.

Pengertian Chuunibyou Anime

Awalnya istilah Chuunibyou digunakan kepada anak-anak di tahun kedua sekolah menengah (setingkat SMP) yang bertindak seperti orang dewasa, kemudian berkembang menjadi istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan perilaku delusional pada umumnya. Akhirnya muncul pengertian Chuunibyou yaitu sindrom mengkhayal pada seseorang yang seakan-akan memiliki sesuatu yang luar biasa bahkan bisa merasa memiliki kekuatan supranatural di dalam dirinya.

Penderita Chuunibyou bukan sakit atau pun mengalami gangguan jiwa, namun memiliki gejala atau tanda seperti emosi atau tindakan yang biasanya muncul secara bersama-sama (sindrom) kemudian membentuk pola yang dapat diidentifikasi. Misalnya: merasa memiliki kekuatan supranatural, sok atau sombong dan meremehkan orang lain. Umumnya terjadi pada usia pubertas namun tidak jarang terjadi pada usia dewasa

Asal Mula Istilah Chuunibyou


Secara etimologi istilah chuunibyou berasal dari kata Jepang Chuugakkou ni-nen (中学校二年) yang artinya "tahun kedua sekolah menengah" dan Byou (病) yang berarti "penyakit" sehingga kata chuunibyou memiliki arti dasar "penyakit (sickness) di tahun kedua sekolah menengah".

Orang yang dianggap menggunakan istilah "chuunibyou" pertama kalinya adalah Hikaru Ijuin. Pada sebuah acara di radio pada November 1999, ia menyatakan bahwa "Aku masih tertular chuunibyou". Kemudian saat ia membuka acara lain, dia menyebut "Apakah saya sakit? Oh, itu hanya Chuunibyou."

Istilah chuunibyou kemudian menyebar di internet dan semakin tenar setelah menjadi meme untuk menggambarkan hal-hal yang biasanya dilakukan orang selama tahun ke 2 di sekolah menengah. Namun, Hikaru Ijuin melalui posting di Twitter-nya malah kehilangan minat dengan istilah chuunibyou. "Saya tidak tertarik dalam kata ini lagi karena telah kehilangan makna aslinya dari ketika saya pertama kali menggambarkannya.

Selain itu, muncul istilah baru lain yang berhubungan dengan pengertian chuunibyou yang asli yaitu "kounibyou" (高二病) yang artinya "penyakit di tahun kedua SMA dan "shounibyou" (小二病) yang artinya "penyakit tahun kedua sekolah dasar.

Jenis-jenis Chuunibyou


Dalam psikologi, sindrom chuunibyou merupakan identifikasi seseorang yang berasal dari kekaguman dari orang populer atau budaya yang menyebabkan orang tersebut untuk mengambil sifat-sifat tertentu dari mereka (penampilan, ciri-ciri fisik, kepribadian, dll). Dalam kasus sindrom chuunibyou anime, identifikasi orang tersebut mungkin berasal sifat seseorang dari video game, manga atau karakter anime, yang dianggap eksklusif bagi mereka sesuai tingkatkan penggemar anime.

Dalam buku Chuunibyou Toriatsukai Setsumei Sho (中二病取扱説明書) menjelaskan ada tiga jenis chuunibyou, yaitu:

1. DQN (DQN系, dokyun-kei), yaitu orang yang berpura-pura bersikap anti-sosial atau bertindak seperti seorang penjahat padahal sebenarnya tidak. Misalkan membuat cerita tentang berkelahi dengan geng atau penjahat. Atau mengarang tentang sikapnya yang telah sesuai dengan budaya, padahal semua hanya rekaan belaka.

2. HIPSTER (サブカル系, sabukaru-kei), yaitu orang yang memiliki kecenderungan  memilih non-mainstream agar merasa berbeda dengan yang lain. Terkadang orang ini memilih kultur budaya lain daripada budaya lingkungan sendiri agar dianggap berbeda minat dengan orang lain. Orang jenis ini tidak mencintai kultur sendiri melainkan berusaha tampak "keren" dengan kultur lain.

3. EVIL EYE (邪気眼系, Jakigan-kei), yaitu orang yang cenderung merasa memiliki kekuatan supranatural. Kagum atas kekuatan mistik dan berpikir bahwa dia memiliki kekuatan tersembunyi dalam diri mereka sehingga sering mengkhayal yang aneh-aneh.


Pengertian Chuunibyou - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus