Pengertian Rokok dan Macam Jenis Rokok

Publikasi Sabtu, 13 Agustus 2016 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian rokok adalah hasil olahan tembakau yang dirajang dan dibalut dengan kertas atau daun dengan cara dilinting, untuk dipakai, tanpa mengindahkan bahan pengganti atau bahan pembantu yang digunakan dalam pembuatannya. Istilah rokok dikenal juga dengan istilah sigaret. Jenis rokok (sigaret) ini terdiri dari beberapa macam yaitu: rokok kretek, rokok putih, rokok daun dan rokok kelembak kemenyan.

Pengertian dan Macam Jenis Rokok Hasil Olahan Tembakau

Pengertian dan Macam Jenis Rokok (Sigaret)

Hasil olahan tembakau berupa rokok ada beberapa macam jenis nama yang dikenal oleh masyarakat dikarenakan proses pembuatan serta bahan campuran yang digunakan untuk membuat rokok.. Jenis-jenis rokok (sigaret) tersebut adalah:

Rokok kretek adalah hasil olahan tembakau yang dalam pembuatannya dicampur dengan cengkih, atau bagiannya, baik asli maupun tiruan tanpa memperhatikan jumlahnya.

Rokok putih adalah hasil olahan tembakau yang dalam pembuatannya tidak dicampuri dengan cengkih, kelembak, atau kemenyan.

Rokok kelembak kemenyan adalah hasil olahan tembakau yang dalam pembuatannya dicampur dengan kelembak dan/atau kemenyan asli maupun tiruan tanpa memperhatikan jumlahnya.

Rokok cerutu adalah hasil tembakau yang dibuat dari lembaran-lembaran daun tembakau diiris maupun tidak, dengan cara digulung demikian rupa dengan daun tembakau, untuk dipakai, tanpa mengindahkan bahan pengganti atau bahan pembantu yang digunakan dalam pembuatannya.

Rokok daun adalah hasil tembakau yang dibuat dengan daun nipah, daun jagung (klobot), atau sejenisnya, dengan cara dilinting, untuk dipakai, tanpa mengindahkan bahan pengganti atau bahan pembantu yang digunakan dalam pembuatannya. 

Proses Pembuatan Rokok


Dalam proses mengolah daun tembakau menjadi rokok dapat dibuat dengan cara menggunakan mesin otomatis atau dengan cara manual yaitu dengan menggunakan tangan dengan bantuan alat sederhana yang bukan mesin. Untuk selanjutnya akan ditentukan tarif dan harga jual eceran rokok yang digolongkan berdasarkan hasil proses pembuatan rokok tersebut.

Hasil pembuatan rokok yang melalui proses pembuatan mulai dari pelintingan, pemasangan filter, pengemasan sampai dengan pelekatan pita cukai, dibuat menggunakan tangan (manual) atau dibuat dengan cara selain mesin, disebut Rokok Kretek Tangan (SKT), Rokok Kretek Tangan Filter (SKTF,) dan Rokok Putih Tangan (SPT)

Rokok yang proses pembuatannya mulai dari pelintingan, pemasangan filter, pengemasannya dalam kemasan untuk penjualan eceran, sampai dengan pelekatan pita cukai, seluruhnya dibuat dengan mesin atau sebagian menggunakan mesin disebut Rokok Kretek Mesin (SKM) dan Rokok Putih Mesin (SPM).


Pengertian dan Macam Rokok Hasil Tembakau - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus