Pengertian Startup Dalam Bisnis

Publikasi Rabu, 14 September 2016 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian startup (start-up) dalam bisnis masih menimbulkan perdebatan dalam dunia bisnis. Menurut kamus online cambridge.org, startup (start-up) adalah a small business that has just been started. Bisnis kecil yang baru dimulai. Sedangkan menurut business dictionary adalah tahap awal suatu perusahaan dimana pengusaha bergerak mulai dari tahap ide usaha, pembiayaan, meletakkan dasar struktur usaha kemudian memulai usaha.

Namun belakangan sebagian orang mengartikan startup (start-up) adalah perusahaan yang baru dimulai dengan memanfaatkan teknologi, khususnya teknologi internet. Belum selesai dengan apa itu startup? muncul perdebatan lagi tentang berapa lama perusahaan berdiri, berapa jumlah aset atau keuntungan perusahaan, berapa jumlah karyawan dan sebagainya yang termasuk kriteria bisnis startup.

Pengertian Startup Dalam Bisnis

Awal Munculnya Bisnis Startup 


Istilah startup mulai populer pada waktu terjadinya gelembung dot-com (dot-com buble) dimana pada waktu itu (1998-2000) banyak perusahaan memanfaatkan internet dengan membuat website perusahaan guna memperluas usahanya. Kehadiran internet yang mulai berkembang dan mulai dikenal masyarakat dimanfaatkan untuk membuka bisnis berbasis internet. Bisnis-bisnis baru yang memanfaatkan teknologi internet ini kemudian dikenal dengan istilah startup.

Bisnis berbasis internet pun semakin berkembang namun tidak semuanya sukses. Banyak bisnis yang gagal dalam tempo yang singkat. Master investasi Warren Buffett mengatakan bahwa banyak investor telah terhipnotis oleh kenaikan drastis saham bisnis berbasis teknologi internet dan berkomentar keras terhadap dot.com (website bisnis berbasis internet) yang menerbitkan saham lalu menutup toko online-nya beberapa bulan kemudian. Contoh yang paling sukses memulai bisnis startup ini adalah Google dan Yahoo.

Dengan demikian pengertian bisnis startup adalah memulai bisnis baru secara online dengan menggunakan perangkat teknologi komputer dan jaringan internet. Sedangkan kriteria yang termasuk bisnis startup secara umum adalah:
  • Basis bisnis adalah jaringan internet melalui website
  • Produk yang ditawarkan berupa aplikasi digital atau jasa layanan digital
  • Masih dalam tahap berkembang atau bisnis kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai tidak lebih dari 20 orang
  • Pendapatan per tahun di bawah $ 100.000

Bisnis Startup di Indonesia

Bisnis startup terus berkembang meskipun banyak yang gagal. Hampir setiap saat muncul startup-startup baru dari penjuru dunia termasuk Indonesia yang merupakan salah satu pasar yang sangat menarik, namun belum dioptimalkan secara maksimal.

Pada tahun 2013 laku menurut riset pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 70 juta orang, dan tentunya tahun-tahun berikutnya semakin bertambah apalagi sekarang tarif internet sudah semakin murah dan semakin mudah mengakses internet melalui perangkat mobile. Selain itu daya beli masyarakat juga meningkat sesuai dengan pendapatan per kapita masyarakat yang naik secara tidak langsung ikut mempengaruhi perkembangan industri digital.

Bisnis Startup di Indonesia yang paling banyak diminati adalah game dan aplikasi edukasi selain proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah, startup jenis ini memiliki pangsa pasar yang potensial dan terbuka di Indonesia. Setelah itu diikuti Startup e-commerce dan informasi. Salah satu Startup Indonesia yang kini sudah sukses di dunia maya diantaranya adalah Kaskus.


Pengertian Startup Dalam Bisnis - Kanal Pengetahuan


1 komentar:

wia 21 September 2016 17.45

Bisnis internet membuat banyak hal menjadi efisien dan kompetitif. Yang diuntungkan adalah konsument bisa memperoleh barang/jasa lebih murah.

Salah satunya obline learning via WA/LINE di britishenglishclass.com

Harga kursus terjangkau dan bisa belajar dg guru berkualitas.

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus