Pengertian Virtual Account

Publikasi Senin, 12 September 2016 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian Virtual Account adalah nomor identifikasi bagi pelanggan suatu perusahaan (end user) yang dibuat oleh Bank atas permintaan perusahaan tersebut. Pelanggan tidak perlu mendaftar karena secara otomatis akan memiliki nomor virtual account yang unik dan berbeda satu dengan yang lainnya saat registrasi pada perusahaan yang bersangkutan.

Nantinya setiap setoran ke rekening Virtual Account pelanggan baik itu perorangan maupun non perorangan, sistem bank secara secara otomatis membukukan ke Rekening Utama perusahaan dengan mencantumkan nomor dan nama rekening Virtual Account. Virtual Account yang dibuat oleh bank tersebut tidak memiliki jumlah tagihan yang pasti (open payment).

Pengertian Virtual Account

Perkembangan Virtual Account


Terjadinya Peningkatan Trend e-Commerce (Perdagangan Elektronik) maka diperlukan suatu proses pembayaran transaksi agar lebih mudah dan praktis baik itu bagi perusahaan maupun pelanggan. Salah satunya adalah dengan membuat Virtual Account.

Situs-situs belanja online besar di Indonesia seperti Lazada, bhinneka. MatahariMall, elevenia, Blibli, dan sebagainya telah menggunakan layanan Virtual Account untuk memudahkan pelanggannya. Bahkan BPJS dan beberapa lembaga pendidikan juga telah menggunakan Virtual Account.

Bank yang memberikan layanan Virtual Account semakin banyak baik itu milik pemerintah seperti BNI, Mandiri dan lain-lain maupun bank swasta seperti BCA, CIMB Niaga dan sebagainya. Bagi bank dan perusahaan serta pelanggan sama-sama diuntungkan sehingga nantinya akan semakin banyak yang menggunakan Virtual Account sebagai salah satu proses transaksi pembayaran online.

Bagi perusahaan dengan adanya Virtual Account akan memudahkan pelanggan untuk bertransaksi secara efektif dan efisien serta memberikan kemudahan bagi Perusahaan untuk mengidentifikasi arus kas yang masuk secara rinci dan akurat.

Manfaat Virtual Account

Fasilitas layanan akun virtual (Virtual Account) mirip dengan sistem kerja layanan debit online atau virtual credit card (VCC) dimana pelanggan mendapat layanan virtual saat melakukan transaksi secara online. Namun untuk VCC sebagai pengganti kartu kredit yang bisa dibuat oleh jasa VCC murah, sedangkan untuk Virtual Account dibuat berdasarkan permintaan perusahaan kepada Bank penyedia.

Dengan adanya fasilitas layanan Virtual Account maka manfaat yang didapat bagi pelanggan perusahaan adalah proses pembayaran transaksi menjadi mudah karena satu transaksi pelanggan akan mendapat satu nomor rekening virtual account unik yang sesuai dengan nominal transaksi yang diketahui sebelumnya. Selain itu jika telah melakukan pembayaran maka proses konfirmasi pembayaran akan berlangsung secara otomatis tanpa harus melakukan konfirmasi manual karena rekening hanya untuk pelanggan tersebut.

Bagi perusahaan yang menerbitkan Virtual Account dana yang masuk ke rekening perusahaan langsung dapat dipakai karena pembayaran pelanggan secara real time langsung masuk ke rekening perusahaan. Virtual Account juga akan mempermudah dan mempercepat perusahaan untuk melakukan proses penyelesaian perbedaan melalui rekening koran elektronik yang di dalamnya tercantum nomor virtual account sebagai identitas transaksi pelanggan.


Pengertian Virtual Account - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus