Pengertian Dormitory

Publikasi Senin, 24 Oktober 2016 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian Dormitory adalah tipe kamar besar dengan tempat tidur banyak bahkan bertingkat sehingga dapat menampung banyak orang dalam kamar tersebut. Umumnya istilah dormitory atau yang biasa di singkat dorm untuk asrama yaitu tempat penginapan yang ditujukan untuk anggota suatu kelompok tertentu seperti karyawan perusahaan, siswa sekolah, panti asuhan dan lain sebagainya yang memiliki tempat tidur banyak dalam satu kamar.

Pembangunan sebuah dormitory (dorm) sangat membantu bagi sebagian orang seperti pekerja bujangan, siswa, mahasiswa, wisatawan, rombongan tour karena harga sewa lebih murah namun memiliki fasilitas hunian yang cukup layak.

Pengertian Dormitory


Dormitori Dalam Pariwisata

Pengertian dormitori dalam pariwisata atau perhotelan adalah penginapan dengan tipe kamar yang disediakan pihak pengelola penginapan yang terdiri dari ruangan besar dengan banyak tempat tidur, bahkan bertingkat, biasanya diisi 4 sampai 10 orang.

Pemesanan dormitori dihitung berdasarkan jumlah orang bukan kamar dan penghuninya akan berbagi fasilitas kamar seperti TV, kamar mandi dengan tamu yang lain, dan bisa saja belum saling mengenal. Dormitory sangat diminati juga populer dikalangan backpaker karena harganya yang lebih murah.

Dormitori Dalam Pendidikan

Pengertian dormitori dalam dunia pendidikan dikenal dengan sebutan asrama atau rumah kost yaitu bangunan dengan jumlah kamar yang banyak dengan sewa dihitung minimal bulanan untuk siswa atau mahasiswa yang berasal dari luar kota dimana lokasi pendidikan yang sedang ditempuh jauh dari kota asal.

Pemesanan dormitori dihitung berdasarkan kesepakatan pengelola apakah dihitung per kamar atau per orang. Selain itu harga sewa tergantung fasilitas yang diberikan seperti kamar mandi sendiri, ac atau non ac, dan lain sebagainya.

Dormitori Dalam Perusahaan/Organisasi

Pengertian dormitori dalam perusahaan atau organisasi dikenal dengan sebutan mess atau barak yaitu kamar yang dibangun untuk tempat tinggal karyawan atau pegawai dalam waktu tertentu selama ada kegiatan tertentu, misalkan on the job training. Atau untuk kegiatan umum seperti pendidikan militer, penampungan calon jemaah haji, dan lain sebagainya. 

Dormitori pada perusahaan atau organisasi biasanya kamar yang memiliki tempat tidur yang banyak agar dapat menampung orang yang banyak. Tarif sewa ditentukan oleh perusahaan atau organisasi yang terkadang gratis atau sudah termasuk dalam paket tertentu. Namun dormitori terkadang disediakan oleh perusahaan untuk karyawan dengan jangka waktu yang cukup lama atau selama masih menjadi karyawan perusahaan tersebut dengan sewa murah.


Pengertian Dormitory - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus