Pemindai Kontainer Gamma Ray Container Scanner

Publikasi Senin, 14 November 2016 oleh Achmad Maulidi,
Gamma Ray Container Scanner adalah alat pemindai khusus untuk kontainer atau peti kemas yang bekerja dengan menggunakan rekayasa radiasi sinar gamma atau lebih dikenal dengan VACIS (Vehicle and Cargo Inspections System). Dengan alat ini, isi kontainer dapat diketahui tanpa harus membuka kontainer dan memeriksa secara manual untuk memastikan apakah terdapat barang-barang yang mencurigakan atau tidak sesuai dengan dokumen yang ada.

Di Indonesia, Gamma Ray Container Scanner dimiliki oleh Direktorat Bea dan Cukai dengan dua model yaitu menetap (portal vacis) yang ditempatkan di kawasan pabean terutama di kawasan pelabuhan yang ramai dimana barang-barang ekspor dan impor diturunkan dari kapal laut. Model yang satu lagi model bergerak (mobile vacis) yang ditempatkan pada sebuah kendaraan yang difasilitasi dengan perlengkapan Container Scanner.

Pemindai Kontainer Gamma Ray Container Scanner


Keuntungan Gamma Ray Container Scanner 


Beberapa keuntungan yang diperoleh Bea dan Cukai, diantaranya untuk meningkatkan pelayanan secara prima kepada pengguna jasa, dan meningkatkan kepatuhan importir pada proses assessment antara dokumen tertulis dengan barang dalam kontainer. Dari keuntungan tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan penerimaan disamping masalah pengawasan yang dibebankan pada Bea dan Cukai.

Dalam implementasinya di lapangan, penggunaan Gamma Ray Container Scanner dapat dikombinasi dengan Hi-co yang ada. Untuk ekspor yang kuantitasnya tinggi bisa menggunakan Gamma Ray dan impor dapat dikombinasi dengan yang mobile.

Kelebihan Gamma Ray Container Scanner adalah kecepatan per jam bisa mencapai 300 kontainer. Ketika diuji coba di Priok dan di Perak, sekitar 10-15 detik per kontainer. Perumpamaan seperti masuk ke gerbang tol saja. Sangat cepat sekali, sehingga analisanya pun harus cepat sehingga tidak menghambat kecepatan. Selain itu sifat alat ini jika digunakan lebih sering lebih bagus. Bisa bekerja 24 jam penuh dan source-nya akan habis setelah 5,3 tahun.

Mobile Gamma Ray Container Scanner

Dari jenis statis dan bergerak, Mobile Gamma-Ray memiliki peran aktif karena dapat bergerak sesuai kebutuhan. Satu unit Mobile Gamma Ray Container Scanner (mobile Vacis) adalah sebuah truck yang difasilitasi dengan source sensor dan detektor sinar gamma yang terkomputerisasi untuk pemindai kontainer.

Fungsi dari alat ini adalah untuk memindai kontainer yang telah ditentukan baik kondisi diam (stationery) dan berjalan (moving). Sinar gamma ini mampu menembus benda setebal 7 cm untuk dapat menampilkan barang di dalam kontainer dalam bentuk dua dimensi.  

Hal-hal yang diperlukan dalam pengoperasian mobile Vacis (Vehicle and Cargo Inspections System) Gamma-Ray, antara lain : 
  • Gamma-Ray membutuhkan sumber daya listrik dengan cara menghidupkan generator. Sumber bisa diperoleh dengan dua cara yaitu menyalakan mesin kendaraan atau langsung dari listrik PLN. 
  • Untuk merangkai dan menyusun kembali portal detektor dan source sensor hanya dapat dilakukan dengan menyalakan mesin kendaraan. 
  • Sedangkan untuk pengoperasian komputer hingga pemindaian kontainer dapat menggunakan mesin maupun listrik PLN. 
  • Penggunaan dengan menghidupkan mesin membutuhkan kurang lebih 8 liter solar dengan durasi per satu jam, kapasitas tangki mobil 208 liter. Sedangkan untuk listrik langsung dari PLN sebesar kurang lebih 3.500 Watt. 
  • Pengoperasian dapat dilakukan dengan tipe diam (stationery) maupun tipe berjalan (moving).
  • Gamma-Ray juga mempunyai source sensor dan detektor yang sensitif terhadap guncangan atau benturan dan juga air

Pemindai Kontainer Gamma Ray Container Scanner - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus