Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Publikasi Jumat, 18 November 2016 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah pendekatan strategik dan koheren untuk mengelola aset paling berharga milik organisasi yaitu orang-orang yang bekerja di dalam organisasi, baik secara individu ataupun kolektif, dalam rangka memberikan sumbangan untuk mencapai sasaran organisasi.

Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu bidang dari manajemen umum sebagai bidang kajian penting dalam organisasi karena permasalahan yang dihadapi organisasi (baca: perusahaan) bukan hanya persoalan bahan mentah, alat-alat kerja dan produksi, atau modal kerja saja, tetapi juga masalah tenaga kerja atau sumber daya manusia sebagai pihak yang menjalankan dan mengelola faktor-faktor produksi sekaligus merupakan tujuan dari kegiatan produksi itu sendiri. 

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM)

Manajemen Sumber Daya Manusia

Membicarakan masalah Manajemen Sumber Daya Manusia, tidak terlepas dari pengertian manajemen itu sendiri. Menurut Flippo (1991), manajemen adalah pihak yang mempergunakan wewenang dan kepemimpinan atas pihak lain. Sedangkan Stoner, et al. (1996), istilah manajemen umumnya didefinisikan dalam empat fungsi spesifik dari manajer, yaitu merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan. 

Dengan kata lain, kita dapat mengatakan bahwa manajemen merupakan proses membuat perencanaan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan berbagai usaha dan semua sumber daya, termasuk sumber daya manusia, untuk mencapai sasaran dan tujuan organisasi. 

Berdasarkan pengertian di atas, dapat dirumuskan pengertian manajemen sumber daya manusia secara lengkap yaitu proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan seluruh kegiatan pengadaan tenaga kerja, pengembangan karyawan, pemberian kompensasi, pemeliharaan karyawan, dan pemutusan hubungan kerja berdasarkan ketentuan dan perundangan yang berlaku untuk mencapai sasaran dan tujuan individu karyawan, perusahaan, dan masyarakat.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Beberapa Ahli

Masih banyak definisi atau pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia lain, namun secara prinsip tidak jauh berbeda. Sebagai contoh, berikut adalah beberapa definisi MSDM menurut beberapa ahli MSDM.
  • Menurut Mondy, Noe, dan Premeaux (1996) secara sederhana mendefinisikan Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai pemanfaatan sumber daya manusia untuk mencapai tujuan organisasional. 
  • Menurut Anthony, Kacmar, dan Perrewe (2002) memberikan pemahaman Manajemen Sumber Daya Manusia sebagai bermacam-macam tugas berkaitan dengan usaha untuk memiliki, melatih, mengembangkan, memotivasi, mengorganisasi, dan memelihara karyawan perusahaan. 
  • Menurut Cascio (2003), setiap manajer yang bertanggung jawab terhadap sumber daya manusia harus memperhatikan lima aktivitas yang berkaitan dengan pengangkatan staf, usaha untuk mempertahankan karyawan, pengembangan karyawan, usaha untuk menjaga ketaatan dan ketertiban karyawan, serta usaha meningkatkan kemampuan organisasi.
  • Menurut Rivai (2005), keberadaan manajemen sumber daya manusia sangat penting bagi perusahaan dalam mengelola, mengatur, mengurus, dan menggunakan SDM sehingga dapat berfungsi secara produktif, efektif, dan efisien untuk mencapai tujuan perusahaan. Kegagalan perusahaan dalam mengelola SDM-nya dapat mengakibatkan perusahaan gagal dalam mencapai sasaran dan tujuannya. 

Referensi: Konsep Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), Modul 1 Universitas Terbuka


Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus