7 Keunggulan Indonesia Yang Bisa Ditawarkan Ke Investor

Publikasi Selasa, 13 Desember 2016 oleh Achmad Maulidi,
Iklim investasi di Indonesia semakin meningkat dikarenakan adanya kemudahan inovasi dalam pelayanan yang diberikan untuk menarik para investor. Salah satu kemudahan dan pemberian kenyamanan pada investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia adalah dengan memberikan penyederhanaan perizinan saat investor hendak melakukan investasi.

Selain itu, paling tidak ada tujuh keunggulan lagi untuk berinvestasi di Indonesia dibandingkan dengan negara lain, khususnya negara tetangga yang bisa ditawarkan bagi para investor. Apa saja keunggulan tersebut?

7 Keunggulan Indonesia Yang Bisa Ditawarkan Ke Investor

7 Keunggulan Indonesia Untuk Investor


1. Indonesia terletak di pusat konsentrasi pasar global. 

Indonesia terletak di Asia di mana secara demografi, setengah dari populasi dunia berada di Asia. Asia Tenggara sendiri yang merupakan bagian dari Asia memiliki populasi sekitar 618 juta jiwa dan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di ASEAN adalah Indonesia yang memiliki sebesar 255 juta jiwa. Demografi Indonesia juga memiliki parameter-parameter yang dapat menarik investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia antara lain kelas ekonomi menengah Indonesia adalah sebanyak 64 juta jiwa dan tenaga kerja yang tersedia berjumlah 124 juta jiwa.

2. Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah. 

Seperti yang telah lama kita dengar bahwa Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah baik yang terbarukan maupun tidak terbarukan atau fosil. Beberapa potensi sumber daya alam Indonesia yang merupakan salah satu potensi terbesar di dunia antara lain minyak sawit mentah di mana Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia berdasarkan jumlah produksi yaitu sebanyak 27 juta metrik ton. Panas bumi Indonesia juga menduduki peringkat pertama dunia di mana cadangannya adalah 40% dari seluruh cadangan dunia dan masih banyak kekayaan sumber daya alam lainnya.

3. Indonesia merupakan sebuah basis produksi untuk mencapai pasar global.

Indonesia saat ini menjadi basis produksi untuk beberapa perusahaan-perusahaan besar di dunia. Untuk lebih menarik perusahaan-perusahaan agar membangun basis produksinya, maka diperlukan stimulus-stimulus yang salah satunya berupa insentif yang ditandai dengan adanya kerjasama Goverment to Goverment (G to G) antara Indonesia dengan beberapa negara, sebagai contoh Japan-Indonesia EPA, Australia Indonesia CEPA, dan masih banyak lagi.

4. Indonesia merupakan tujuan investasi global.

Berdasarkan data yang dimiliki BKPM, total investasi yang masuk ke Indonesia baik dari luar (Foreign Direct Investment) dan domestik (Domestic Direct Investment) pada kuartal pertama tahun 2016 ini mengalami peningkatan dibandingkan kuartal-kuartal tahun sebelumnya yaitu sebanyak Rp145,4 triliun dan secara year on year realisasi investasi tumbuh sebesar 17,6%. Hal tersebut juga diperkuat dengan survei yang dilakukan oleh The Economist di mana Indonesia berada di peringkat ketiga negara tujuan investasi utama di Asia dibawah India dan China.

5. Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi digital yang pesat.

Di era digital seperti saat ini, ekonomi digital memiliki peranan yang sangat penting dan pengaruh yang besar bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Indonesia dengan populasi penduduk yang banyak memiliki pengguna internet aktif sebanyak 88,1 juta pengguna atau tumbuh 15% dari tahun sebelumnya dengan 79,1 juta pengguna. Transaksi penjualan secara daring atau online di Indonesia pada tahun 2015 mengalami peningkatan sebesar 40% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar 18 miliar dolar Amerika Serikat.

6. Indonesia memiliki Produk Domestik Bruto (PDB) yang stabil dan kuat.

Indonesia memiliki PDB sebesar 896 miliar dollar dengan PDB per kapita sebesar 3.416 dollar di mana berdasarkan beberapa sumber seperti IMF, ADB, dan World Bank, pertumbuhan PDB Indonesia masih memiliki tingkat yang sangat berprospek dibandingkan beberapa negara-negara Asia lainnya yaitu rata-rata sebesar 5,1%.

7. Indonesia memiliki persepsi global yang terus meningkat.

Beberapa parameter kinerja ekonomi Indonesia yang dilakukan oleh lembaga-lembaga internasional membuktikan bahwa Indonesia memiliki persepsi yang baik di dunia internasional sebagai negara tujuan investasi. Beberapa contoh parameter kinerja tersebut adalah Price Waterhouse Cooper (PWC) menyatakan bahwa Indonesia adalah negara tujuan investasi terbaik kedua di kawasan APEC setelah Cina. Japan Bank for International Cooperation (JBIC) juga menjadikan Indonesia sebagai negara paling menjanjikan kedua untuk investasi di luar negeri, dan masih banyak parameter lainnya.

Sumber: WBC



7 Keunggulan Indonesia Yang Bisa Ditawarkan Ke Investor - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus