5 Modal Dasar Menjadi Pengusaha Sukses

Publikasi Kamis, 16 Maret 2017 oleh Achmad Maulidi,
Menjadi seorang pengusaha adalah pilihan pekerjaan yang penuh tantangan dibandingkan hanya sekedar menjadi pegawai kantor. Meskipun ada stigma di masyarakat bahwa untuk menjadi pengusaha sukses membutuhkan modal besar atau berasal dari keluarga dengan latar belakang pengusaha juga, hal itu tidak sepenuhnya benar.

Banyak orang yang wirausaha sukses bukan berasal dari keluarga kaya atau dari keluarga pengusaha. Bahkan ada juga pengusaha yang dulunya sukses namun sekarang justru menjadi orang yang tidak sukses. 

Modal Dasar Menjadi Pengusaha Sukses

Menjadi Pengusaha Sukses


Untuk menjadi pengusaha sukses, ada modal dasar yang harus dipenuhi dalam menjalankan usaha yang ditekuni. Apakah itu? 

1. Mental Baja

Banyak pengusaha yang sukses mempunyai mental baja. Mental merupakan sikap yang ada di dalam seseorang yang harus dikembangkan setiap hari. Jika mau menjadi pengusaha yang sukses jangan pernah ada kata takut dan minder ketika banyak orang yang mulai mengolok-olok karena baru saja memulai usaha.

2. Pantang Menyerah

Mental baja saja tidak cukup, harus diimbangi dengan pantang menyerah. Mencoba dan coba lagi adalah kriteria pengusaha sukses. Mencoba tidak hanya dilakukan hanya dalam satu kali maupun dua kali saja. Pengusaha sukses pasti sering melakukan kegagalan atau kesalahan bahkan sampai ke 8-9 kali kegagalan baru bisa meraih sukses.

3. Berani Mengambil Resiko

Menjadi seorang pengusaha harus memiliki keberanian dalam mengambil resiko yang akan datang. Setiap usaha pasti akan mengalami pasang surut, sebagai pengusaha harus benar-benar siap dengan resiko gagal. Jika kita tidak berani untuk gagal maka modal dasar untuk menjadi pengusaha belum terbentuk dalam diri seseorang dengan baik. Resiko kehilangan harta dan memulai lagi dari nol merupakan hal yang harus dihadapi jika ingin menjadi seorang pengusaha yang tangguh.

4. Disiplin 

Salah satu hal yang sangat berat yang akan dihadapi olah seorang pengusaha adalah disiplin. Disiplin adalah hal dasar dari tindakan untuk mematuhi segala aturan yang ada baik itu yang telah dibuat maupun peraturan yang telah ada serta budaya kerja yang berlaku. Kedisiplinan itu adalah hal yang sangat mendasar untuk menjadikan pengusaha yang lebih baik.

5. Konsisten

Disiplin harus dibarengi dengan konsisten, terutama saat baru memulai usaha. Banyak pengusaha baru lebih semangat dan disiplin ketika baru memulai usaha namun jika sudah berjalan untuk beberapa bulan lambat laun mereka akan mengalami sifat kebosanan dan malas dalam menjalankan usahanya.

Masih banyak faktor pendukung lainnya untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Namun, setidaknya 5 modal dasar di atas harus dimiliki seseorang jika ingin menjadi pengusaha.


Modal Dasar Menjadi Pengusaha Sukses - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus