Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Publikasi Senin, 06 Maret 2017 oleh Achmad Maulidi,

Salah satu strategi pemasaran produk adalah menentukan target pasar dan segmentasi konsumen. Untuk itu, setelah membuat jenis produk yang akan dikembangkan, perlu ditentukan target dan segmentasi pasar yang akan dibidik. Segmentasi adalah pembagian konsumen berdasarkan kriteria tertentu. Segmentasi pasar dimaksudkan untuk memudahkan fokus dalam mengenali konsumen yang akan membeli produk yang dijual.

Pembagian yang sangat mudah adalah membagi pasar secara ekonomi, yaitu segmen atas yang memiliki daya beli tinggi, segmen menengah dengan daya beli sedang, dan segmen bawah yang berkantong tipis. Namun, pengertian segmentasi tidak terbatas pada pembagian ekonomi saja, tetapi juga wilayah, misalnya daerah kota atau desa, berdasarkan usia (tua, muda, anak-anak), dan sebagainya. Masing-masing kelompok memiliki ciri dan kepentingan sendiri saat membeli produk.

Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi


Contoh Segmentasi Pasar Berdasarkan Tingkat Ekonomi

Kelompok Atas Kelompok yang secara otomatis memerlukan rasa yang enak, sanitasi yang higienis, bermanfaat bagi kesehatan, tidak memperdulikan harga, dan sangat sensitif. Kelompok atas memang tidak banyak tetapi jika Anda menjual produk untuk kelas ini keuntungan yang didapatkan berlipat-lipat.

Kelompok Menengah Kelompok yang memiliki daya beli sedang, bertujuan memenuhi kebutuhan dasar dan gaya hidup. Pengemasan yang baik dan rasa yang enak menjadi kebutuhan yang sangat diperhatikan kelompok ini. Mereka merupakan pembeli yang cukup setia dan tidak mudah berpindah jika merasa cocok dengan produk yang dijual.

Kelompok Bawah Merupakan kelompok dengan daya beli sangat terbatas, sangat sensitif dengan harga, alasan mendasar untuk memenuhi kebutuhan perut sehingga menginginkan kuantitas besar dengan harga terjangkau. Kelompok ini merupakan kelompok pasar terbesar tetapi kurang setia jika ada produk yang lebih murah.


Segmentasi Pasar - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus