Memulai Bisnis Sampingan

Publikasi Selasa, 13 Juni 2017 oleh Achmad Maulidi,
Ada sebagian orang enggan melakukan bisnis sampingan, alasan utama umumnya takut mengganggu pekerjaan utamanya bahkan ada yang takut kehilangan. Pada dasarnya bisnis sampingan merupakan segala bentuk usaha diluar kegiatan usaha utama. Dengan kata lain, segala sesuatu yang dilakukan untuk menambah penghasilan

Menjalankan bisnis sampingan memang dapat mengganggu dan mengancam pekerjaan utama. Hal itu merupakan hambatan-hambatan dalam memulai bisnis sampingan, disamping hambatan yang lainnya. Pikirkanlah bahwa semua bisnis memiliki hambatan, namun juga memiliki solusinya. Tugas bagi yang ingin memulai berbisnis sampingan adalah untuk tidak hanya terpaku pada hambatan, tapi mencari solusinya.

Memulai Bisnis Sampingan


Memulai Bisnis Sampingan

Bisnis sampingan dapat menunjang perekonomian keluarga, namun jangan melupakan prinsip pokoknya yaitu jangan sampai bisnis sampingan yang Anda lakukan terlalu menyita waktu sehingga mengalahkan pekerjaan utama utama. Bisnis sampingan harus memberi manfaat tanpa harus membebani yang berlebihan.

Untuk mendorong motivasi dan semangat bekerja sambilan, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan hobi dan kemampuan Anda. Selain Anda merasa lebih senang dalam bekerja, tekanan saat melakukan pekerjaan utama juga bisa menurun. Pekerjaan sampingan Anda bisa menjadi ajang refreshing untuk Anda.

Jika sudah memilih jenis pekerjaan sampingan yang Anda minati, apapun jenis bisnis sampingan itu, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai pekerjaan sambilan yang akan Anda ambil. Semakin Anda mencari, semakin Anda menguasai. Buku-buku atau informasi dari internet bisa menjadi referensi dan petunjuk bagi Anda untuk menjalankan usaha. 

Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak semua informasi bisa didapatkan dari buku atau internet. Bagaimanapun, Anda harus melakukan praktik sendiri suatu saat. Hasil praktik bisa saja berbeda dari informasi yang sudah didapatkan.

Tips Memulai Bisnis Sampingan


Jika Anda melihat hambatan-hambatan saat akan memulai bisnis sampingan, lihatlah kembali tujuan dan impian Anda atau pikirkan tentang orang-orang yang paling Anda sayangi. 

Pikirkanlah bahwa tujuan dan orang-orang yang Anda cintai lebih bernilai dari hambatan-hambatan tersebut. Untuk merekalah Anda melakukan usaha sampingan. Jadi, lupakan sejenak tentang hambatan-hambatan tersebut dan pikirkanlah mereka. 

Kemudian, carilah solusi yang tepat untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut. Jika Anda ingin berdiskusi dalam mencari solusinya, lakukanlah dengan orang yang tepat. Yang pasti, tanamkan sikap tidak mudah menyerah pada diri Anda. Seperti kata pepatah, banyak jalan menuju Roma.

Untuk lebih mendorong diri Anda sendiri dalam melakukan perencanaan dan pelaksanaan usaha sampingan, buatlah daftar keinginan dan tujuan Anda. Susunlah dari mimpi yang terkecil yang mudah dicapai sampai keinginan yang besar dan sulit dicapai. 

Setiap Anda berhasil mencapai sesuatu dalam merencanakan atau melaksanakan bisnis sambilan, berilah hadiah pada diri Anda. Memberi hadiah untuk diri Anda sendiri bisa memberikan semangat dalam bekerja.Namun sesuaikanlah hadiah dengan kemampuan Anda pada saat itu. jangan sampai karena Anda terlalu banyak menghadiahi diri sendiri, Anda malah kekurangan biaya untuk meneruskan usaha sambilan.

Tak pernah ada larangan bagi Anda yang ingin memiliki impian sebesar apapun. Selama Anda bisa mengatur dan menyadari kondisi keuangan serta kapasitas Anda dalam

Pilihlah bidang bisnis yang Anda sukai. Biasanya, ketika seseorang menyukai suatu hal, dengan sendirinya muncul dorongan Untuk mendalami dan mengembangkannya. Seseorang yang bekerja di bidang yang ia sukai akan mendalami usahanya dengan perasaan senang.

Efeknya akan berbeda dengan orang yang melakukan pekerjaan yang ia tidak sukai. Motivasi dan semangatnya akan berkurang sehingga ia menjadi malas melakukan pekerjaan tersebut.
Jangan lupa selalu membangun pikiran positif meskipun banyak sekali hambatan yang akan Anda hadapi. Percayalah pada kemampuan Anda sendiri, namun jangan anti terhadap kritik. Anggaplah kritik sebagai makanan untuk membangun semangat Anda. Jika lingkungan Anda selalu memberi tanggapan negatif, carilah orang yang bisa. meningkatkan semangat dan pikiran positif Anda. 

Semoga uraian dan tips bisnis diatas bisa menjadi semangat untuk memulai bisnis sampingan.


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus