Konsep Mata Uang Fungsional

Publikasi Rabu, 09 Agustus 2017 oleh Achmad Maulidi,
Pengertian Mata uang fungsional adalah mata uang pada lingkungan ekonomi utama di mana entitas beroperasi. Dengan kata lain mata uang fungsional merupakan mata uang utama entitas. Pengertian Entitas dalam konsep ekonomi adalah setiap unit ekonomi yang menjalankan atau kegiatan finansial untuk kepentingan diri sendiri. Sedangkan menurut konsep akuntansi entitas adalah suatu unit usaha atau kesatuan akuntansi, dengan aktivitas atau kegiatan ekonomi dari unit tersebut sebagai fokusnya.

Mata Uang Fungsional

Konsep Mata Uang Fungsional


Mata uang fungsional mencerminkan transaksi, kejadian dan kondisi yang mendasari yang relevan sehingga apabila telah ditentukan maka mata uang fungsional ini tidak berubah kecuali ada perubahan pada transaksi, kejadian dan kondisi yang mendasari tersebut.

Suatu entitas mempertimbangkan mata uang fungsionalnya karena ditentukan oleh beberapa hal.
  • Pertama, mata uang yang paling mempengaruhi harga jual barang dan jasa. 
  • Kedua, mata uang dari negara yang kekuatan persaingan dan peraturannya sebagian besar menentukan harga jual barang dan jasa entitas. 
  • Ketiga, mata uang yang paling mempengaruhi biaya tenaga kerja, bahan baku, dan biaya lain dari pengadaan barang atau jasa. 
  • Keempat, mata uang yang mana dana dari aktifitas pendanaan dihasilkan (antara lain penerbitan instrumen utang dan instrumen ekuitas). 
  • Kelima, mata uang yang mana penerimaan dari aktivitas operasi pada umumnya ditahan. 

Jika indikator tersebut bercampur dan mata uang fungsional tidak jelas, maka manajemen menggunakan pertimbangannya untuk menentukan mata uang fungsional yang paling tepat menggambarkan pengaruh ekonomi dari transaksi, kejadian, dan kondisi yang mendasari.

Hampir sebagian besar perusahaan-perusahaan besar baik nasional maupun asing di Indonesia melakukan transaksi penjualan maupun pembeliannya menggunakan mata uang selain rupiah. Demikian juga penerimaan dari aktivitas operasi suatu perusahaan dalam mata uang selain rupiah.

Dengan kata lain mata uang yang ada di perusahaan didominasi mata uang selain rupiah. Secara akuntansi, hal ini diatur melalui Pedoman Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 10 atau PSAK 10 yang telah dan/atau akan mengalami revisi.


Mata Uang Fungsional - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus