Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli

Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas

Untuk menjaga kualitas kompor dan tabung Elpiji 3 kilogram, Pemerintah melalui Departemen Perindustrian menetapkan 6 Lembaga Sertifikasi Produk dan 7 Laboratorium Penguji guna menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai acuan wajib kompor dan tabung gas Elpiji 3 kilogram. Dengan demikian, kompor, tabung, regulator, hingga pemantik harus sesuai SNI.

Upaya kontrol dilakukan Badan Standardisasi Nasional, yaitu dengan melakukan survei lapangan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka kajian dampak ekonomis penerapan SNI tabung gas. Tujuannya, menghitung nilai ekonomis dari penerapan SNI tabung gas Elpiji.

Indikator yang digunakan untuk menghitung nilai ekonomis dari penerapan SNI tabung gas inia dalah biaya sertifikasi produk, biaya sertifikasi sistem manajemen mutu, tingkat kandungan lokal dalam negeri, jumlah tabung komplain yang dikembalikan, jumlah tenaga kerja sebelum dan sesudah proyek, biaya pemasaran sebelum dan sesudah program konversi, dan lain-lain.

Semua faktor tersebut akan dihitung dengan formulasi yang menghasilkan sebauh angka yang akan menunjukkan nilai ekonomis sebagai dampak penerapan SNI tabung gas.

Inilah Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli

Pemerintah menjamin keamanan paket perdana Elpiji 3 kilogram, di mana produk yang asli itu berlabel SNI. Nomor SNI (Standar Nasinoal Indonesia) diperuntukkan bagi kompor gas satu tungku, regulator tekanan rendah, katup tabung baja Elpiji, selang karet, dan tabung baja Elpiji 3 kilogram. Nomor-nomor SNI itu adalah:

Kompor SNI – 7368:2007

Regulator SNI – 7369:2007

Katup tabung SNI – 1591:2008

Selang karet SNI – 067213-2006

Tabung SNI – 1452-2007

 

Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli – Kanal Pengetahuan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *