Belanja Online Lewat Internet

Publikasi Selasa, 30 Juni 2015 oleh Achmad Maulidi,
Saat ini orang tidak lagi dipersulit untuk membeli sesuatu entah itu barang maupun jasa. Perkembangan teknologi menjanjikan kemudahan untuk berbelanja melalui media perantara yaitu internet dan perangkat yang mendukungnya seperti komputer, tablet maupun handphone. Dengan adanya pertumbuhan pengguna internet, membuka peluang untuk membuat toko online sebagai sarana belanja online lewat internet.

Belanja online lewat internet meskipun terlihat mudah dan praktis, namun tidak lepas dari resiko. Berbeda dengan toko konvensional yang terjadi tatap muka antara pembeli dan penjual secara langsung, belanja di toko online (belanja daring) hanya terbatas pada pertemuan secara maya melalui perangkat elektronik saja. Kelemahan ini dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang dapat merugikan calon pembelanja online.

Tips Belanja Online Aman Lewat Internet


Tips Belanja Online Aman Lewat Internet


Sebagai konsumen, saat berbelanja kita dituntut berhati-hati saat akan membeli sesuatu, baik itu secara online maupun offline. Sudah banyak informasi tentang penipuan yang terjadi saat terjadi transaksi jual beli. Apalagi belanja online lewat internet yang hanya tahu gambar barang tanpa melihat langsung wujud aslinya serta wujud toko sebenarnya.

Akan tetapi, manfaat belanja online cukup membantu bagi orang yang sedikit memiliki waktu untuk pergi ke toko dengan berbagai alasan, serta kemungkinan barang tidak dijumpai/ dijual di toko biasa. Untuk itu, ada baiknya membaca beberapa tips belanja lewat internet di bawah ini, sebelum melakukan transaksi.

1. Cari Informasi Barang Sebanyak Mungkin.

Ini keunggulan belanja online, kita dapat mengunjungi toko online sebanyak mungkin untuk membandingkan harga, barang, diskon belanja dan kualitas tanpa harus beranjak dari satu tempat ke tempat lain.

2. Cari Informasi Toko Online Selengkapnya

Pertama kali jika telah menemukan barang dan harga yang cocok, untuk mencegah jangan sampai melakukan transaksi di toko online palsu atau toko yang memiliki reputasi penjual online yang buruk, lakukan hal:
  • Memeriksa siapa pemilik situs belanja online tersebut.
  • Kontak / Nomor Telepon yang dapat dihubungi
  • Alamat kantor offline
  • Jangan sepenuhnya percaya pada testimonial di situs tersebut. Gunakan mesin pencari dengan keyword nama toko online tersebut untuk mengetahui review atau pengalaman orang yang berkaitan dengan toko tersebut.
3. Periksa Produk atau Barang dengan Cermat

Janganlah keburu membeli/membayar. Sebelum melakukan pembayaran atas produk yang akan dibeli, teliti lagi apakah barang yang ditawarkan sesuai dengan gambar dan keterangan yang ada? Jika perlu hubungi CS lewat email atau kontak telpon untuk memastikan.

4. Cara Pembayaran dan Pengiriman

Baca juga aturan cara order, pembayaran serta pengiriman barang pesanan. Cari cara termudah untuk membayar tagihan atas barang yang kita pesan dan juga jasa pengiriman barang yang terpercaya.

5. Simpan Bukti Transaksi

Jika kita sudah memesan barang, akan ada bukti order yang dikirim via email atau lainnya dan segera lakukan pembayaran. Simpan bukti order dan pembayaran tersebut menjadi file (pdf atau foto) yang bisa digunakan di unggah jika ada masalah.

6. Rekomendasi

Meskipun tidak mutlak, rekomendasi teman atau orang lain yang pernah melakukan pembelian di toko online tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan. Bagaimana dengan layanan mereka jika belanja online ditempat tersebut?


Semoga tips singkat tentang belanja online lewat internet ini dapat terhindar dari penipuan, kekecewaan dan membantu Anda yang ingin melakukan transaksi online di Internet. Jangan sampai harapan memperoleh barang musnah karena barang tidak kunjung datang uang melayang.


Belanja Online Lewat Internet - Kanal Pengetahuan


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus