Tips Membeli Rumah Tinggal Pertama

Publikasi Jumat, 25 September 2015 oleh Achmad Maulidi,
Tidak selama kita akan terus tinggal bersama orang tua, apalagi jika kelak sudah menikah dan memiliki anak. Bisa saja orang tua menghendaki terus bersama jika kita hanya satu-satunya anak yang tidak memiliki saudara dan rumah tersebut sengaja akan diwariskan untuk kita. Akan tetapi lebih baik lagi jika dapat membeli rumah sendiri.

Untuk yang pertama kali membeli rumah tinggal, ada yang perlu diperhatikan mengingat rumah adalah digunakan manusia untuk hidup dan memberikan perlindungan dari segala bahaya, gangguan dan pengaruh fisik. Di dalam rumah pula manusia pertama kalinya dididik, dibentuk, dan berkembang menjadi manusia yang berkepribadian.

Tips Membeli Rumah


Untuk itu, ada beberapa tips membeli rumah tinggal pertama dari beberapa sumber yang dapat dijadikan referensi.

Lokasi Rumah: Lokasi rumah merupakan faktor penting terhadap pemilihan rumah tinggal. Hal ini berkaitan dengan harga dan juga berpengaruh pada penghuninya secara tidak langsung. Harga rumah ditentukan dari lokasi apakah di jalan utama, perumahan, kampung, akses, lingkungan dan sebagainya. Maka wajar jika semua orang akan melihat lokasi sebagai hal yang utama dalam membeli rumah.

Kualitas Rumah. Sebelum membeli rumah tinggal untuk pertama kali, perhatikan juga rencana mendapatkan rumah tersebut dengan cara membangun sendiri, membeli rumah baru yang siap pakai atau membeli rumah bekas.

Terkadang rumah baru yang ditawarkan pengembang properti masih kalah kualitasnya dengan rumah bekas. Namun rumah bekas pun memiliki resiko akan renovasi. Jika memungkinkan dan tidak terlalu terburu-buru memiliki rumah, membangun dan merencanakan rumah sendiri bisa menjadi alternatif utama. Kualitas bangunan, kita yang menentukan.

Harga Rumah: Keuangan juga faktor penentu untuk mendapatkan rumah idaman. Dengan melihat kondisi keuangan yang ada, kita bisa lebih fokus mencari rumah. Jika berencana memilih di perumahan, sesuaikan dengan penawaran harga yang ada. Jika keuangan tidak cukup untuk memiliki rumah tersebut, pertimbangkan fasilitas KPR yang ada. 

Membeli  Rumah Tinggal Pertama di Perumahan


Jika memang berniat memiliki rumah tinggal di perumahan, ada beberapa tips tambahan mengingat faktor strategi bisnis lebih dominan dalam masalah ini.

Pengembang Perumahan: Sebelum memutuskan untuk membeli rumah tinggal yang baru untuk pertama kali di perumahan, ada baiknya lihat dulu siapa pengembangnya, bagaimana track record nya, dll.  Untuk mengetahuinya bisa bertanya kepada penghuni yang sudah ada, saudara atau teman yang lebih mengerti atau mencari tahu tentang perumahan atau developer itu di internet.

Fasilitas Perumahan: Fasilitas di perumahan setidaknya bisa kita lihat baik fasilitas intern yang ada di kawasan tersebut seperti tempat ibadah, tempat olahraga, taman bermain. Selain itu fasilitas ekstern yang terdapat di sekitar perumahan seperti rumah sakit, sekolah, pasar dan tempat rekreasi keluarga. Salah satu kawasan yang komplit fasilitasnya adalah CitraRaya Perumahan Idaman di Tangerang.

Biaya dan Cara Pembayaran: Beberapa perumahan menawarkan cara pembayaran rumah yaitu tunai langsung, tunai bertahap dan KPR. Sebaiknya pilih tunai langsung jika memiliki keuangan yang cukup dan biasanya akan diberikan diskon yang besar bagi pembeli dengan cara ini. Selain itu perlu juga ditanyakan tentang biaya tambahan yang biasanya meliputi Ppn, biaya KPR, biaya peningkatan BPHTB dan sebagainya. Pastikan Kapan Serah Terima Unit serta jika terjadi keterlambatan, konsekuensi apa yang akan diterima oleh pembeli maupun developer.

Semoga Tips Membeli Rumah Tinggal Pertama dapat bermanfaat.


Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus