Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali

Publikasi Kamis, 22 Oktober 2015 oleh Achmad Maulidi,
Kalau berkunjung di kawasan wisata bahari Pemuteran Buleleng Bali, anda akan disuguhkan pemandangan terumbu karang yang menakjubkan. Obyek wisata di kawasan ini memang dikenal sebagai tujuan Wisata Bahari keindahan taman laut di Bali Barat untuk kegiatan snorkeling atau diving.

Selain terumbu karang nan elok, ada pemandangan bawah laut yang lain, yaitu candi bawah laut di Pemuteran. Akan tetapi candi atau kuil atau pura di Pemuteran ini bukan peninggalan Atlantis Timur atau candi kuno yang tenggelam, namun merupakan usaha untuk melestarikan terumbu karang yang dibuat sekitar tahun 2005.

Setelah 10 tahun berlalu, pemandangan candi bawah laut ini semakin menarik dengan tumbuhnya biota laut dan terumbu karang serta berkeliaran ikan laut berwarna-warni.


Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali

Pura atau Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali ini dibuat oleh Chris Brown dan Paul Turley, warga Asing yang kini menetap di sana untuk mengelola dive center Sea Rovers, mengatakan candi tersebut bukanlah peninggalan arkeologis melainkan candi buatan yang sengaja dibangun di kawasan konservasi terumbu karang yang mendapatkan dana dari AusAid.

Chris Brown dan Paul Turley menyebutnya garden temple (taman pura) bawah laut. Selain sebagai pelestarian terumbu karang, di gunakan juga untuk melatih penyelam yang ingin meraih level advance.

Pembuatan Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali memakan waktu hampir 4 bulan dengan melibatkan penduduk dan pemerintah daerah setempat. Banyak pengrajin yang membuat pura siap jadi, kemudian oleh  Chris Brown dan Paul Turley di beli dan ditenggelamkan di perairan Pemuteran.

Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali mulai ramai dibicarakan pada tahun 2010 saat Paul Turley mengunggah foto di twitter dan Youtube. Bahkan pemerintah sempat berjanji akan menurunkan tim untuk mengecek kebenaran Pura Bawah Laut di Pemuteran Bali tersebut meski sempat meragukan kebenarannya.

Untuk menuju lokasi wisata bahari Pemuteran, dari penyeberangan Gilimanuk berjarak 30 km ke arah kota Singaraja. Atau dari kota Denpasar bisa ditempuh sekitar 3–4 jam perjalanan melewati Bedugul - Singaraja.


Candi Bawah Laut di Pemuteran Bali

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus