Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Rumah

Publikasi Selasa, 19 Januari 2016 oleh Achmad Maulidi,
Warna ruangan pada sebuah rumah dapat menciptakan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Oleh karena itu, jangan menganggap sepele dalam memilih warna cat untuk ruangan tersebut. Sebaiknya jangan sampai menimbulkan kesan kusam, suram, maupun lainnya pada ruangan, terutama ruang yang sering menerima kunjungan dari orang luar seperti ruang tamu atau teras.

Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Rumah


Selain itu, warna dapat mempengaruhi perasaan atau mood seseorang. Warna yang kurang tepat bisa mempengaruhi ketidaknyamanan suasana. Oleh karena itu, beberapa pilihan warna yang cocok dengan kesan yang diinginkan dapat dibaca pada penjelasan di bawah ini.

Memilih Warna Cat Untuk Kesan Ruangan Hangat

Warna hangat dapat menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih sempit dibandingkan ukuran sebenarnya. Akan tetapi, kesan sempit dapat menciptakan kesan akrab. Orang yang berada dalam ruangan tersebut seakan dekat, akrab dengan dengan yang lainnya sehingga akan merasa betah dan senang.

Beberapa contoh warna hangat adalah orange, krem, kuning, peach, coklat, coral. Warna-warna tersebut sangat cocok diaplikasikan pada ruang tamu jika ingin membuat tamu betah berlama-lama di rumah Anda. 

Baca Juga: Tips Membeli Rumah Tinggal Pertama

Memilih Warna Cat Untuk Kesan Ruangan Dingin

Warna dingin akan menimbulkan kesan ruangan menjadi lebih luas dari semestinya. Kesan sejuk yang menyegarkan pada ruangan di rumah tercipta oleh warna-warna dingin seperti hijau, ungu atau biru.

Warna dingin sangat cocok untuk diaplikasikan pada tipe ruang tamu yang sempit agar tampak lebih luas sehingga akan membuat tamu lebih rileks saat berkunjung. Pilih cat warna pastel jika menghendaki ruang tamu terkesan luas.

Penggabungan Warna Hangat dan Dingin Pada Ruangan

Penggabungan warna cat pada sebuah rumah bukan sesuatu yang tabu, bahkan banyak hunian bergaya modern menggabungkan warna hangat dan dingin agar menciptakan kesan ruangan yang luas dengan suasana keakraban.

Akan tetapi, penggabungan warna ini memerlukan sedikit sentuhan keahlian memadukan warna. Sebagai contoh, warna biru langit yang dipadukan dengan motif garis warna peach akan menimbulkan kesan ruang yang menarik dan modern. Atau sebagai alternatif lain, memilih warna-warna hangat sebagai latar belakang warna dingin. Penggabungan warna ini bisa juga memberi kesan ruangan menjadi ruangan tampak lebih lebar, terbuka, cerah dan indah.


Memilih Warna Cat Untuk Ruangan Rumah - Kanal Pengetahuan



Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus