Pengertian Tata Ruang Kantor

Tata Ruang Kantor

Pengertian Tata Ruang Kantor adalah pengaturan dan penataan yang se efisien mungkin letak perlengkapan dan perabot kantor di dalam ruang dan lantai kerja yang tersedia demi menjamin adanya tempat dan keleluasaan kerja yang sebaik-baiknya bagi setiap karyawan. Masalah efisiensi pemanfaatan ruang dan lantai tempat kerja tersebut tidak dapat dipisahkan dari letak susunan ruangan atau unit kerja lainnya dari seluruh bagian.

Tujuan akhir dari tata ruang kantor secara keseluruhan adalah untuk memperlancar komunikasi, mempermudah koordinasi dan pengawasan, dan dengan demikian meningkatkan efisiensi kerja pada umumnya. Jika suatu ketika terjadi perubahan yang mengakibatkan pengaruh terhadap kantor maka perlu dilakukan peninjauan tata ruang kantor yang ada.

Penataan Tata Ruang Kantor

Untuk mencapai tujuan efisiensi kerja maka perlu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan pengaturan dan penataan tata ruang kantor yang meliputi:

  1. Tata tempat, merupakan pengaturan tempat untuk bekerja sesuai dengan urutan proses pekerjaan untuk prosedur kerja berjalan secara berirama, harmonis dan efektif
  2. Tata udara, merupakan pengaturan udara sehingga menjamin sirkulasi udara yang sebaik-baiknya untuk menjamin kenyamanan dan kesehatan;
  3. Tata cahaya merupakan pengaturan penerangan sehingga terjamin adanya penerangan yang cukup dan baik;
  4. Tata warna, merupakan pemberian warna pada dinding atau plafon sehingga suasana tenang dan menarik bagi karyawan dan memberikan kesan yang baik bagi para tamu
  5. Tata suara adalah mencegah masuknya suara dari luar yang dapat mengganggu konsentrasi, saraf dan ketenangan kerja pegawai dalam ruangan yang bersangkutan
  6. Tata keindahan dan kebersihan. Ini erat hubungannya dengan tata warna dan tata cahaya dengan suasana yang bersih, dan indah tentunya akan menimbulkan rasa nyaman;
  7. Tata keamanan dan keselamatan yang merupakan keamanan dan keselamatan dalam bekerja.

Prinsip atau Asas Perkantoran

Richard Muther memberikan prinsip-prinsip atau asas-asas perkantoran agar tercapai tujuan di atas yaitu:

1. Asas mengenai jarak terpendek. 

Suatu tata ruang yang terbaik adalah suatu pengaturan ruang yang memungkinkan proses penyelesaian suatu pekerjaan menempuh jarak yang sependek mungkin, sehingga mencegah penghamburan tenaga maupun waktu kerja.

2. Asas mengenai rangkaian kerja. 

Yang dimaksudkan dengan asas rangkaian kerja adalah penempatan orang maupun barang atau alat menurut rangkaian yang sejalan dengan urut-urutan penyelesaian pekerjaan yang bersangkutan. Asas ini merupakan kelanjutan atau kelengkapan dari asas jarak terpendek. Menurut asas ini suatu pekerjaan sebaiknya bergerak maju dan tidak bergerak mundur atau menyilang, sehingga bergeraknya pekerjaan adalah lurus, tidak menyilang atau mundur.

3. Asas mengenai penggunaan segenap ruangan. 

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Disinfeksi Menggunakan Ozon

Ruangan yang ada hendaknya dimanfaatkan sepenuhnya, maksudnya diharapkan tidak ada ruang yang kosong baik secara vertikal maupun secara horizontal.

4. Asas mengenai perubahan susunan tempat kerja. 

Ruangan yang baik sebaiknya adalah ruangan yang dapat diatur atau dapat dirubah setiap saat karena ada kemungkinan pemanfaatan ruangan lain-lain pada waktu-waktu tertentu, serta kemungkinan perkembangan dan perluasan di kemudian hari.

 

Pengertian Tata Ruang Kantor – Kanal Pengetahuan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Kanal Pengetahuan merupakan media diseminasi (dissemination) yaitu penyebaran informasi dan pengetahuan kepada publik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *