Pengertian Content Marketing (Pemasaran Konten)

Pengertian Content Marketing

Penggunaan internet yang semakin meningkat saat ini memiliki dampak yang cukup signifikan bagi dunia pemasaran khususnya bagi kalangan internet marketing. Internet tidak hanya dijadikan media untuk menjalankan bisnis, tetapi telah menjadi media utama bagi para pemasar untuk memasarkan produk atau jasa yang mereka punyai.

Internet dinilai sebagai media yang cukup potensial bagi bidang pemasaran dan komunikasi, oleh karena itu muncullah istilah content marketing (pemasaran konten). Apakah pengertian content marketing itu?

Pengertian Content Marketing

Sebelumnya perlu diluruskan terjemahan Content Marketing ke dalam bahasan Indonesia. Content Marketing diterjemahkan menjadi “pemasaran konten”, bukan “konten pemasaran” karena memiliki pengertian yang berbeda.

Content marketing adalah strategi pemasaran dengan cara menghasilkan konten yang bertujuan untuk memberi informasi kepada target (konsumen) yang bersifat persuasi, atas produk yang dipasarkan. Persuasi adalah ajakan dengan cara memberikan alasan dan prospek yang baik untuk meyakinkan.

Dengan demikian fungsi dan tujuan content marketing adalah untuk mengedukasi konsumen dan menjadi jembatan yang menghubungkan antara produsen dan konsumen untuk membentuk sebuah proses komunikasi yang menyenangkan melalui informasi-informasi dari konten yang dimiliki.

Artinya, pemasaran konten bukan sebagai strategi memasarkan produk atau jasa secara langsung melainkan usaha penciptaan konten yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, atau konten yang dipasarkan akan mempengaruhi konsumen pada keputusan pembelian.

Menurut The Copyblogger, strategi content marketing adalah membuat pelanggan lebih memahami perusahaan itu sendiri.“Then they will “know-like-trust” the company to be able to do business with in the future”(The Copyblogger 2013 dalam Duc Le M).

Meskipun pada dasarnya content marketing dapat dipahami sebagai strategi yang digunakan untuk memasarkan produk, akan tetapi content marketing dapat dilihat sebagai sebuah konten media yang bertujuan untuk mempromosikan produk dan mengetahui sikap target (konsumen) terhadap produsen.

Content is King

Dalam dunia website atau blog, ada istilah yang menyebutkan “content is king”. Konten adalah sesuatu yang dianggap esensial di era digital dan salah satu yang terpenting dalam pemasaran melalui internet.

Konten diasumsikan sebagai “manusia” yang berbicara dan jembatan penghubung antara produsen dan target (konsumen) mengenai sebuah produk yang dipasarkan. Sementara itu platform media seperti blog, social-media, video online, dan lainnya berperan sebagai alat distribusi konten itu sendiri.

Di era internet ini, konsumen tidak hanya berperan sebagai pihak pasif yang menerima pesan-pesan komersial dari sebuah perusahaan produk atau jasa, namun mereka bisa menciptakan konten melalui review produk di media sosial tweet, forum atau blog pribadi.

Untuk itu, menciptakan konten yang berkualitas harus dilakukan agar dapat membawa pelanggan dan mempertahankan pelanggan tersebut.

Dalam bukun The Internet Marketing Academy, ada beberapa indikator yang harus dimiliki content marketing dalam rangka mengukur kualitas dari konten tersebut. Indikator-indikator itu adalah: Educates, informs ,entertains, dan Creates Trustworthiness.

Contoh Pemasaran Konten

Untuk mempermudah memahami content marketing atau pemasaran konten, berikut gambarannya.

Perusahaan seluler Samsung pasti melakukan strategi pemasaran agar produknya dikenal dan laku. Pemasaran produk bisa dilakukan dengan promosi, iklan, sponsor, diskon dan lain sebagainya. Selain pemasaran produk, Samsung juga melakukan pemasaran konten (content marketing).

Konten yang dipasarkan adalah konten penunjang produk samsung seperti Infografis, Video online, Website, Media sosial, Podcats dan sebagainya, menggunakan media internet.

Isi konten bukan berisi penawaran produk melainkan informasi produk, seperti bagaimana perusahaan Samsung itu, review produk-produk seluler samsung, layanan produk, interaktif pihak samsung dengan pelanggan melalui media sosial.

Intinya adalah, konten yang berisi bagaimana agar perusahaan samsung dikenal orang, bagaimana produk samsung bisa memberi manfaat dan sesuai dengan kebutuhan orang, bagaimana samsung melayani pelanggan dan sebagainya. Dengan harapan setelah mengetahui informasi-informasi tersebut, orang menjadi lebih paham dan akan membeli seluler buatan samsung.

Tentu saja, untuk membuat konten menarik, informatif, dikenal orang, bukan perkara mudah. Pembuat konten harus tahu SEO, desain grafis, kode pemograman, teknik menulis dan sebagainya. Makanya tidak heran, banyak bermunculan jasa content marketing.

 

Content Marketing (Pemasaran Konten) – Kanal Bisnis

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *