Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli

Publikasi Senin, 14 Agustus 2017 oleh Achmad Maulidi,
Untuk menjaga kualitas kompor dan tabung Elpiji 3 kilogram, Pemerintah melalui Departemen Perindustrian menetapkan 6 Lembaga Sertifikasi Produk dan 7 Laboratorium Penguji guna menerapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) sebagai acuan wajib kompor dan tabung gas Elpiji 3 kilogram. Dengan demikian, kompor, tabung, regulator, hingga pemantik harus sesuai SNI.

Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli


Upaya kontrol dilakukan Badan Standardisasi Nasional, yaitu dengan melakukan survei lapangan. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka kajian dampak ekonomis penerapan SNI tabung gas. Tujuannya, menghitung nilai ekonomis dari penerapan SNI tabung gas Elpiji.

Indikator yang digunakan untuk menghitung nilai ekonomis dari penerapan SNI tabung gas inia dalah biaya sertifikasi produk, biaya sertifikasi sistem manajemen mutu, tingkat kandungan lokal dalam negeri, jumlah tabung komplain yang dikembalikan, jumlah tenaga kerja sebelum dan sesudah proyek, biaya pemasaran sebelum dan sesudah program konversi, dan lain-lain.

Semua faktor tersebut akan dihitung dengan formulasi yang menghasilkan sebauh angka yang akan menunjukkan nilai ekonomis sebagai dampak penerapan SNI tabung gas.

Inilah Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli

Pemerintah menjamin keamanan paket perdana Elpiji 3 kilogram, di mana produk yang asli itu berlabel SNI. Nomor SNI (Standar Nasinoal Indonesia) diperuntukkan bagi kompor gas satu tungku, regulator tekanan rendah, katup tabung baja Elpiji, selang karet, dan tabung baja Elpiji 3 kilogram. Nomor-nomor SNI itu adalah:

  • Kompor SNI – 7368:2007 
  • Regulator SNI – 7369:2007 
  • Katup tabung SNI – 1591:2008 
  • Selang karet SNI – 067213-2006 
  • Tabung SNI – 1452-2007

Nomor SNI Tabung Dan Kompor Gas Asli - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus