Pengertian Webinar

Pengertian Webinar

Beberapa tahun terakhir, ada istilah webinar yang berkembang di masyarakat khususnya yang berkaitan dengan dunia maya (internet). Webinar muncul karena kemajuan teknologi dan informasi sehingga kemajuan tersebut dapat digunakan sebagai sarana pertemuan tanpa terhalang lokasi tempat serta tidak harus bertatap muka langsung.

Istilah webinar merupakan gabungan dua kata yaitu web dan seminar. Oleh karena itu, istilah webinar sering digunakan merujuk kepada kegiatan pertemuan atau seminar online (virtual), baik itu kegiatan bisnis, pembelajaran, maupun diskusi.

Dengan demikian, pengertian webinar adalah suatu kegiatan pertemuan (seminar) yang dilakukan secara online atau memanfaatkan jaringan internet dan dapat diikuti oleh beberapa orang dari berbagai lokasi yang berbeda.

Menurut Tom Wayteg (2013) dalam, kamus internet, cara cepat dan praktis masuk dunia cyber, pengertian webinar adalah istilah yang kadang-kadang digunakan untuk merujuk kepada virtual seminar, atau seminar online, termasuk bagian dari program distributed education.

Pelaksanaan Webinar

Berbeda dengan seminar konvensional, seminar online (webinar) tidak mengharuskan peserta datang di suatu lokasi tempat yang ditentukan.

Peserta bisa berada dimana saja asalkan memiliki perangkat seperti: komputer, laptop, tablet atau Smartphone, koneksi internet yang cepat dan stabil serta aplikasi pendukung webinar.

Waktu pelaksanaan webinar, sama seperti seminar konvensional, dapat ditentukan oleh penyelenggara.

Peserta webinar diharapkan mengaktifkan perangkat yang dimiliki agar dapat mengikuti pertemuan atau seminar online pada hari dan jam yang telah ditentukan.

Webinar dapat dilaksanakan oleh perguruan tinggi sebagai kuliah jarak jauh, lembaga kursus dan pelatihan online, training perusahaan, dan lain sebagainya, dimana Narasumber dapat menyampaikan materi dengan baik dan terkontrol.

Pada sisi yang lain peserta dapat menyimak materi dengan baik dan berinteraksi baik melalui chat maupun interaksi langsung secara verbal dengan narasumber dalam waktu yang sama (real time) walaupun terpisah oleh jarak.

 

Apakah Webinar itu? – Kanal Pengetahuan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *