Apakah Generasi Milenial Itu?

Publikasi Selasa, 21 Agustus 2018 oleh Achmad Maulidi,
Belakangan ini istilah milenal banyak diperbincangkan. Apakah milenial itu? Pengertian milenial adalah sebutan untuk kelompok demografis atau generasi Y (gen Y) yang lahir setelah generasi X. Sebutan milenial (millenials) untuk generasi Y ini mulai dipakai pada editorial koran besar Amerika Serikat pada Agustus 1993 karena diperkirakan individu pada generasi ini akan mencapai dewasa sekitar pergantian abad ke-21 atau atau pergantian era milenium (masa atau jangka waktu seribu tahun).

Generasi Milenial


Siapa saja yang merupakan kelompok demografis generasi Y atau yang lebih dikenal dengan sebutan generasi milenial ini?

Ada beberapa pendapat yang mendefinisikan kelompok milenial atau milenium ini. Hal ini disebabkan untuk menentukan sebuah generasi dipengaruhi oleh banyak faktor seperti geografis, budaya, dan lain sebagainya. Selain itu orang-orang dalam populasi tersebut digambarkan yang mengalami peristiwa penting yang sama dalam jangka waktu tertentu. Dengan demikian tidak ada patokan waktu yang tepat dan sama.

Beberapa pendapat untuk kelahiran generasi milenial (gen-Y)

  • Howe dan Strauss mendefinisikan kelompok milenial sebagai terdiri dari individu yang lahir antara tahun 1982 - 2004.
  • Menurut Iconoclast, sebuah perusahaan riset konsumen, generasi milenial pertama lahir pada 1978.
  • Majalah Newsweek melaporkan bahwa generasi milenial lahir antara 1977 - 1994.
  • Dalam artikel terpisah, New York Times mematok generasi milenial pada 1976 -1990 dan 1978 - 1998.
  • Sebuah artikel majalah Time menempatkan generasi millenial pada kelahiran antara 1980 - 2000.

Secara keseluruhan, tanggal lahir paling awal yang diusulkan untuk Generasi Milenial adalah 1976 dan yang terakhir tahun 2004. Mengingat bahwa generasi keluarga di negara-negara maju terletak di suatu tempat antara 25 dan 30 tahun.

Karakteristik Generasi Milenial

Pada saat ini, generasi milennial adalah generasi muda yang berusia sekitar antara 18–38 tahun yang hidup dalam dunia yang dipenuhi oleh peralatan elektronik dan jaringan online. Oleh karena itu, sebagian besar dalam bersosialisasi lewat daring. Akun media sosial seperti facebook, twitter, wa, dll, dijadikan tempat untuk aktualisasi diri dan ekspresi, karena apa yang ditulis tentang dirinya adalah apa yang akan semua orang baca.

Bisa dibilang di era milennial kurang percaya lagi kepada distribusi informasi yang bersifat satu arah. Mereka lebih percaya kepada user generated content atau konten dan informasi yang dibuat oleh perorangan. Generasi millennial lebih suka mendapat informasi dengan mencarinya ke Google atau perbincangan pada forum-forum yang mereka ikuti, supaya tetap up-to-date.

Generasi milennial merupakan generasi modern, sehingga tak jarang merekalah yang mengajarkan teknologi pada kalangan yang lebih tua. Dengan semua serba digital dan online, generasi ini dapat melihat dunia tidak secara langsung, mengetahui perkembangan ilmu dan teknologi hanya dengan berselancar di dunia maya, sehingga bisa tahu segalanya.

Diperkirakan pada tahun 2025, generasi milenial akan menduduki porsi tenaga kerja di seluruh dunia sebanyak 75 persen. Tidak sedikit posisi pemimpin dan manajer telah diduduki oleh kaum milennial. Hanya saja, kebanyakan dari milenial cenderung meminta gaji tinggi, meminta jam kerja fleksibel, dan sering meminta promosi, menurut hasil riset Sociolab.

Meskipun kaum milenial hidup di era informasi yang menjadikan mereka tumbuh cerdas, namun mereka kurang loyal terhadap suatu pekerjaan atau perusahaan. Milenial biasanya hanya bertahan di sebuah pekerjaan kurang dari tiga tahun, kendati demikian, tidak sedikit perusahaan yang mengalami kenaikan laba karena mempekerjakan kaum milenial.

Saat ini, generasi Y atau milenial merupakan generasi yang paling banyak menerima perhatian dari banyak perusahaan sebagai sasaran pemasaran. Hal ini berkaitan dengan jumlah populasi generasi Y yang diperkirakan sama besar dengan generasi baby boomer, yaitu sekitar 80 juta.

Sebagai generasi yang paling beragam secara etnis, Generasi Milenial cenderung toleran terhadap perbedaan, cenderung percaya diri. Mereka sering terlihat sedikit lebih optimis tentang masa depan  daripada generasi lain.


Pengertian dan Karakteristik Generasi Milenial - Kanal Pengetahuan

Anda telah membaca artikel Apakah Generasi Milenial Itu? yaitu individu pada generasi ini akan mencapai dewasa sekitar pergantian abad ke-21 atau atau pergantian era milenium
Loading...
loading...

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus