Perbedaan Reboisasi Dengan Penghijauan

Perbedaan Reboisasi Dan Penghijauan

Reboisasi dalam bahasa Inggris disebut reforestation yang arti terjemahannya adalah tindakan menanam bibit pohon atau pohon muda di daerah di mana dulu ada hutan. Sedangkan dalam bahasa Indonesia pengertian reboisasi adalah kegiatan menghutankan kembali kawasan hutan bekas tebangan maupun lahan-lahan kosong yang terdapat di dalam kawasan hutan.

Dalam PP No.35 tahun 2002 reboisasi merupakan upaya penanaman jenis pohon hutan pada kawasan hutan rusak yang berupa lahan kosong, alang-alang atau semak belukar untuk mengembalikan fungsi hutan.

Dengan demikian dapat disimpulkan definisi reboisasi (reforestation) yaitu merupakan kegiatan penghijauan di kawasan hutan yang rusak atau areal non-hutan yang akan dijadikan kawasan hutan.

Perbedaan Reboisasi Dengan Penghijauan

Pengertian penghijauan adalah kegiatan penanaman pohon pada lahan kosong atau lahan tandus agar lahan tersebut dapat dipulihkan, dipertahankan dan ditingkatkan kembali kesuburannya.

Kanal Pengetahuan

Dalam PP No.35 tahun 2002 pengertian penghijauan adalah upaya pemulihan lahan kritis diluar kawasan hutan secara vegetatif dan sipil teknis untuk mengembalikan fungsi lahan.

Dengan demikian dapat disimpulkan definisi penghijauan merupakan kegiatan pemulihan lahan kritis diluar kawasan hutan secara vegetatif dan sipil teknis untuk agar lahan tersebut dapat dipulihkan, dikembalikan, dipertahankan, ditingkatkan kesuburan dan fungsi lahan.

Setelah mengetahui pengertian reboisasi dan penghijauan, ada perbedaan antara reboisasi dengan penghijauan.

Perbedaan yang utama adalah pada lokasi lahan penanaman serta penghijauan itu sendiri merupakan salah satu bagian dalam langkah usaha reboisasi.

Reboisasi dilakukan pada kawasan hutan atau kawasan kosong yang akan dijadikan hutan dengan penanaman kembali jenis pohon yang sama di kawasan tersebut atau penanaman jenis pohon lainnya sesuai rencana tata guna lahan yang telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai kawasan hutan.

Penghijauan dilakukan di luar kawasan hutan terutama pada tanah milik rakyat dengan tanaman keras, misalnya jenis-jenis pohon hutan, pohon buah, tanaman perkebunan, tanaman penguat teras, tanaman pupuk hijau dan rumput pakan ternak.

Selain untuk memulihkan lahan, penghijauan bertujuan untuk mencegah erosi tanah.

 

Perbedaan Reboisasi Dengan Penghijauan – Kanal Pengetahuan

Kanal
loading...

You May Also Like

Tentang : Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *