Tari Janger – Drama Tari Bali

Tari Janger Bali

Banyak ulasan tentang tari Janger Bali ini namun belum ada referensi yang kuat asal mula atau sejarah tari yang cukup terkenal ini. Ada yang menyebutkan, bahwa di Banjar Kedaton pada tahun 1906 telah ada kesenian Janger, dan tetap terpelihara sampai sekarang.

Dalam sebuah film bisu “The Legong: Dance of the Virgins” dibuat pada tahun 1933 dan diliris pada tahun 1935, ada adegan tari Janger, yang berarti sebelum Indonesia merdeka, tarian ini sudah dilakukan oleh masyarakat Bali. Dalam adegan tersebut, sekelompok wanita dan pria menari dan bernyanyi mengitari panggung sebuah drama. Dengan kata lain, mereka sebagai latar belakang pertunjukan drama.

Sejarah Tari Janger – Drama Tari Bali

Kesenian tari Janger, diperkirakan awalnya merupakan sebuah kesenian tembang bersahutan oleh sekelompok muda-mudi kaum wanita (Janger) dengan kelompok pria (Kecak). Mereka sambil bernyanyi dan menari sambil bersahutan mengucapkan syair kisah-kisah asmara.

Kanal Pengetahuan

Pada umumnya tembang bersifat gembira sesuai dengan alam kehidupan remaja. Tarian diiringi oleh gamelan Batel (Tetamburan) yang dilengkapi dengan sepasang gender.

Perjalanan kesenian tari Janger dari waktu ke waktu mengalami banyak perubahan. Janger yang dulunya dilakonkan oleh muda-mudi dalam acara pergaulan yang menggembirakan itu mulai berubah seiring masuknya unsur-unsur aktual tentang situasi dan kondisi masyarakat.

Saat ini Tari janger yang masih ada di daerah Bali merupakan sebuah sendratari yang mengkolaborasi antara tarian, nyanyian dengan lakon tertentu seperti, Arjuna Wiwaha, Sunda Upasunda dan lain sebagainya.

Namun, yang lebih miris lagi, Tari Janger lebih banyak diperuntukkan sebagai komoditas pariwisata Indonesia daripada sebagai kesenian budaya masyarakat setempat.

Grup Tari Janger hanya sebagian kecil saja yang mampu bertahan seperti halnya, kelompok pertunjukan, Ludruk, Ketoprak atau wayang orang di Jawa.

Video Kuno Tari Janger 1933

 

 

Tari Janger – Kanal Pengetahuan

Kanal

You May Also Like

Tentang : Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *