Sosok David Filo Pendiri Yahoo

Publikasi Kamis, 07 April 2016 oleh Achmad Maulidi,
Davi Filo lahir pada 20 April 1966 di Wisconsin Amerika Serikat kemudian bersama keluarga pindah ke kota Moss Bluff di Louisiana. Filo menyelesaikan SMA di Sam Houston dan meneruskan kuliah di Universitas Tulane di mana ia mendapat gelar BS di bidang teknik komputer kemudian menempuh pasca sarjana di Stanford University. Pada kampus yang sama David Filo mendapat gelar Ph.D. di Electrical Engineering Stanford University pada tahun 1993.

Sosok David Filo Pendiri Yahoo


Kisah sukses David Filo dimulai dari Stanford University sewaktu belajar di pasca sarjana. Ia bertemu dengan Jerry Yang yang sama-sama suka berinternet. Mereka memutuskan untuk membuat sistem untuk mengorganisir daftar situs bagi pengguna internet dalam sebuah topik. Akhirnya membuat situs mesin pencari agar orang dapat menemukan situs yang diinginkan hanya dengan mengetikkan kata kunci yang tepat. 

Pada awal 1994 situs baru mereka mulai di-onlinekan dengan nama "David and Jerry's Guide to the Web". Mereka membuat kategori situs dengan sub kategori untuk mempermudah pencarian. Dengan semakin banyak situs yang berhasil dikumpulkan serta pengguna juga meningkat tajam, maka David Filo dan Jerry Yang memutuskan untuk membeli server dan hosting sendiri lepas dari komputer kampus yang digunakan waktu itu dan berdiri sendiri dengan menggunakan nama mesin pencari "Yahoo!" yang merupakan singkatan dari "Yet Another Hierarchical Oficious Oracle" 

David Filo sempat keluar dari dewan direksi Yahoo namun masih memegang hak atas Yahoo dan bergabung kembali menjadi dewan direksi pada 2014 bersama Charles Schwab dan H. Lee Scott, mantan eksekutif Walmart.

Pada tahun 2011 diperkirakan kekayaan David Filo mencapai $ 1,4 milliar dan menduduki peringkat ke-879 daftar orang terkaya di dunia. Sedangkan menurut daftar orang terkaya versi Forbes 2016, David Filo menduduki peringkat ke 854 sedunia dan ke 306 di Amerika Serikat dengan kekayaan $2.8 miliar. 


Sosok David Filo Pendiri Yahoo - Kanal Pengetahuan



Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus