Langkah Dasar Menjadi Web Developer

Langkah Dasar Menjadi Web Developer

Saat ini boleh dikatakan bahwa hampir semua orang telah mengenal website. Apalagi perkembangan teknologi internet dan perangkatnya sudah semakin maju dan mudah untuk mengakses sebuah website. Seiring dengan perkembangan bisnis online di Indonesia, pelaku usaha yang bersifat individu maupun instansi atau lembaga tertentu mulai memasarkan produk atau jasa yang dikelolanya secara online.

Untuk memaksimalkan pemasaran secara  online, dibutuhkan website sebagai media pemasaran. Maka tidak heran jika banyak yang tertarik menjadi web developer dan menjadikan sebuah profesi. Namun apakah web developer itu? Dan bagaimana langkah awal cara menjadi web developer? Simak terus ulasan di bawah ini.

Pengertian Web Developer

Pengertian web developer atau pengembang web adalah orang atau programmer yang bertugas mengembangkan web (web development). Jadi bisa diartikan pengembang web adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan atau pengembangan situs yang mencakup desain web, konten web, skrip client-side/server-side dan konfigurasi keamanan jaringan, di beberapa tugas-tugas lainnya.

Web developer sendiri merupakan istilah untuk orang-orang yang berkecimpung di dalam pembuatan dan pengembangan website dan hal-hal yang berkaitan dengannya. Pengembangan yang dimaksud di sini mulai dari pembuatan konsep website, pengembangan, pengetesan, hingga perilisan. Jadi, seseorang baru dikatakan sebagai web developer apabila pekerjaannya masuk ke dalam lingkup yang disebutkan di atas.

Baca juga:  Nama Domain Untuk Sebuah Website

Hal-Hal yang Harus Dikuasai Seorang Web Developer

Menjadi seorang web developer sangat menguntungkan karena bayarannya lumayan tinggi. Hal tersebut wajar, mengingat sedikitnya orang-orang yang menguasai keahlian dalam bidang pengembangan website secara mendetail.

Cara menjadi web developer sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan bisa menguasai beberapa hal pokok terkait website yang tidak akan mungkin bisa dihindari saat berkutat dengan sebuah website. Hal-hal pokok tersebut adalah sebagai berikut :

1. HTML dan CSS

Menguasai HTML dan CSS merupakan keharusan bagi seorang web developer. Alasannya, HTML dan CSS merupakan kerangka atau tampilan sebuah website. Sangat sulit bagi seseorang untuk mengembangkan sebuah website tanpa menguasai bahasa pemograman ini.

Untuk menguasai HTML dan CSS sebenarnya tidak terlalu sulit, asalkan mau sungguh-sungguh dan tekun dalam mempelajarinya. Apalagi saat ini sudah semakin banyak tutorial seputar HTML dan CSS dalam bentuk video maupun tulisan di internet yang bisa didapatkan secara gratis.

2. Twitter Bootstrap

Twitter Bootstrap atau Bootstrap merupakan kerangka kerja HTML dan CSS, yang di dalamnya sudah tersedia komponen-komponen website. Komponen-komponen tersebut seperti table, menu navigasi, table, form, dan lain sebagainya.

Menguasai Bootstrap bukanlah sebuah keharusan, tetapi akan sangat membantu jika seorang web developer menguasainya. Pasalnya, dengan bantuan Bootstrap, tampilan sebuah website bisa dibuat dalam waktu singkat.

Baca juga:  Pengertian Startup Dalam Bisnis

3. Javascript dan jQuery

Agar tampilan sebuah website lebih interaktif, dibutuhkan bantuan bahasa pemrograman yang bernama Javascript. Dengan menggunakan Javascript, seorang web developer bisa menciptakan efek-efek animasi seperti flash, pop up gambar, dan semisalnya yang sering diterapkan pada sebuah website.

Javascript sebenarnya mudah dipelajari dengan menggunakan bantuan sebuah library yang bernama jQuery. Sebagai library Javascript, jQuery membantu menyederhanakan perintah-perintah pada Javascript. Meskipun menguasai Javascript dan jQuery bukanlah hal yang wajib bagi seorang web developer,  tetap saja penting untuk dikuasai agar website yang dibuat lebih dinamis.

4. PHP Basic dan MySQL

Sorang web developer yang profesional harusnya menguasai PHP Basic dan MySQL. Hanya dengan menguasai PHP, seorang web developer dapat membuat website dinamis seperti Portal Berita, Toko Online, dan Company Profile dengan mudah.

Adapun MySQL, merupakan tool bahasa SQL yang digunakan dalam mengelola database atau biasa disebut DBMS. Untuk mempelajari MySQL/SQL, sebaiknya dibarengi dengan mempelajari PHP. Jadi tidak perlu mempelajari MySQL secara tersendiri, kecuali bagi orang yang ingin menjadi Analis Database.

5. PHP OOP

PHP OOP merupakan metode pemograman tingkat advanced dari PHP basic. Dengan menguasainya, seseorang bisa membuat program PHP yang lebih rapih dan terstruktur. Untuk menjadi seorang web developer yang profesional, khususnya dalam pembuatan sistem yang bersifat enterprise seperti Forum, Toko Online, dan lain sebagainya, metode pemograman PHP OOP wajib dikuasai.

Baca juga:  3 Kelebihan Andromax Mifi M2Y Terbaru

Selain menguasai kelima hal pokok di atas, sebaiknya seorang web developer juga menguasai beberapa tambahan keahlian yang akan meningkatkan profesionalismenya di bidang web developer, semisal menguasai Photoshop, PHP Framework, dan lain sebagainya.

Meskipun banyak yang harus dikuasai untuk menjadi web developer, yang terpenting adalah praktek hasil pengembangan web-nya. Setidaknya bisa menyewa hosting seperti di penyedia hosting Niagahoster yang menawarkan beragam paket hosting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan, apakah itu shared hosting, Cloud Hosting, atau VPS hosting karena tiap jenis website memerlukan resource yang beragam.

Dengan dukungan LiteSpeed Web Server agar waktu loading website meningkat pesat serta teknologi keamanan Imunify 360 agar website terlindung dari serangan hacker, malware, dan virus berbahaya setiap saat. Harga yang ditawarkan Niagahoster pun beragam mulai dari 10 ribu per bulan, bahkan ada diskon hingga 75% untuk Paket Personal serta garansi 30 hari uang kembali. Bahkan ada promo spesial dan biaya transfer domain murah hanya untuk Anda!

 

Langkah Dasar Menjadi Web Developer

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *