Nama Domain Untuk Sebuah Website

Nama Domain

Saat ini, website sepertinya sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat modern dimana semua kebutuhan informasi, hiburan hingga alat bantu dapat dilayani oleh website. Secara umum pengertian Website adalah media yang disediakan melalui jalur internet dengan menggunakan IP (Internet Protocol) dan dapat diakses diseluruh dunia.

Internet Protocol (IP) ini yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah karena mengatur aktivitas internet serta yang memfasilitasi penyelesaian berbagai tindakan di internet atau WWW (World Wide Web). Sebuah IP Address memiliki kode yang terdiri dari empat bagian dengan masing-masing bagian berisi 1-3 digit, berkisar dari 0 sampai 255 yang dipisahkan dengan satu titik (.) Misalkan: 79.112.0.215.

Namun, alamat atau nama IP yang cukup sulit untuk diingat dan ditulis karena menggunakan numerik, maka untuk memudahkan menuju atau membuka website adalah dengan menggunakan nama unik yaitu domain. Dengan kata lain, pengertian domain adalah nama unik yang akan mengantarkan menuju website yang ingin dituju tanpa harus menggunakan IP address.

Domain berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah webhosting. Contoh, kanal.web.id. Kanal merupakan nama website yang ingin dituju, sedangkan .web.id merupakan ekstensi domain yang dipilih. Dengan adanya nama domain ini, tidak perlu repot-repot untuk menulis IP address yang berupa kombinasi angka yang unik. Jadi, lebih simple, bukan?

Baca juga:  Pengertian Webinar

Untuk lebih memudahkan lagi dalam penggunaan domain, maka dibuatlah ekstensi domain atau TLD (Top Level Domain), meskipun saat ini terkadang penggunaan ekstensi domain tidak lagi mencerminkan isi website.

Ekstensi domain atau TLD, secara umum terdapat dua jenis yaitu:

1. gTLD (Generic Top Level Domain)

gTLD Generic Top Level Domain yaitu domain yang paling umum dan paling banyak digunakan misalnya, .com, .net, .biz, dan lain-lain.

2. ccTLD (Country Code Top Level Domain)

ccTLD Country Code Top Level Domain yaitu ekstensi domain yang digunakan untuk menunjukkan bahwa website tersebut diperuntukkan untuk masyarakat di negara tertentu misalnya, .id untuk di Indonesia .kr untuk di Korea .sg untuk di Singapura dan lain-lain.

Selain itu, terdapat variasi domain yang dapat digunakan di ccTLD, misalkan Di Indonesia ada .ac.id biasanya digunakan institusi akademis perguruan tinggi. Kemudian, ada .co.id yang biasa digunakan untuk organisasi komersil yang diperuntukkan bagi perusahaan, dan lain sebagainya.

Baca juga:  Kapan ulang tahun Google? Hari ini ke 17

Jika disimpulkan, maka Website adalah media informasi yang disediakan melalui jalur internet dan dapat diakses diseluruh dunia. Website bisa diibaratkan sebuah rumah rumah dimana kita dapat melakukan aktivitas dan tentu saja rumah itu harus memiliki alamat. Alamat tersebutlah yang dinamakan domain. Domain tersebut adalah nama unik yang digunakan untuk memanggil server atau memanggil data pada web server.

Memilih Nama Domain Untuk Sebuah Website

Oleh karena nama domain sangat penting untuk sebuah website maka ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat memilih domain serta perlu cek domain pilihan apakah sudah digunakan atau belum.

  1. Hindari konotasi negatif dari nama domain.
  2. Nama domain mudah diingat dan disebutkan. Sebaiknya terdiri dari kata atau padan katanya yang tidak susah dilafalkan dalam bahasa sehari-hari.
  3. Nama domain tidak perlu panjang. Sebaiknya maksimal terdiri dari rangkaian 2 atau 3 kata saja.
  4. Sesuai dengan tema website atau brand bisnis. Hal ini bertujuan agar pengunjung tidak bingung saat mengunjungi website dan menjumpai dua nama yang berbeda.
  5. Sisipkan kata kunci. Tapi, jangan memaksa biar tidak terlalu aneh.
  6. Sebaiknya melakukan riset sebelum kalian membeli domain.
  7. Jika sudah mendapatkan nama yang cocok, maka usahakan untuk membeli domain sesegera mungkin agar tidak kalah cepat dari yang lain. Ikan Sepat, Ikan Gabus. Lebih Cepat, Lebih Bagus.
  8. Pastikan memilih ekstensi yang paling sesuai. Misalkan ekstensi domain sudah diambil sama orang lain, jangan khawatir, soalnya masih banyak banget di luar sana nama domain yang bisa dipakai dan disesuaikan sendiri dengan kebutuhan masing-masing. Karena di luar sana masih banyak banget ekstensi domain yang menarik yang bisa dipakai selain .COM. Misalnya ada .SITE, .STORE .SPACE dan masih banyak lagi.
  9. Jangan lupa ya beli domainnya cuma di Niagahoster aja!
Baca juga:  Peran Media Sosial Dalam Organisasi Modern

 

Pilih Nama Domain Untuk Sebuah Website

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *