Penderita Dengan Diagnosa Penebalan Dinding Rahim Bisakah Tetap Sembuh?

hiperplasia endometrium

Dalam kondisi normal, penebalan dinding rahim sebenarnya adalah hal yang yang wajar terjadi pada saat akan mengalami menstruasi. Namun kondisi ini akan menjadi berbeda dan berbahaya apabila terjadi di luar siklus. Banyak orang yang bertanya, apakah penebalan dinding rahim bisa sembuh total. Hal ini karena banyaknya wanita yang belum memahami tentang gejala, penyebab, dan bahaya penebalan dinding rahim.

Untuk bisa memastikan Anda mengalami hiperplasia endometrium atau tidak, memang harus melalui serangkaian pemeriksaan yang komprehensif berdasarkan gejala dan keluhan yang dialami. Anda bisa melakukan pemeriksaan seperti USG transvaginal, biopsi rahim, atau hiteroskopi. Dari hasil pemeriksaan ini akan jelas apakah Anda mengalami kelainan ini atau tidak. Dokter akan menyesuaikan jenis pengobatan sesuai dengan kondisi yang ada.

Baca juga:  Tips Membeli Rumah Tinggal Pertama

Terapi Untuk Hiperplasia Endometrium

Ketika Anda didiagnosa mengalami hiperplasia endometrium pasti akan muncul pertanyaan apakan akan sembuh atau tidak. Memang kondisi ini harus segera diobati dengan baik dan benar agar jangan sampai berubah menjadi kanker dinding rahim. Hiperplasia endometrium adalah kondisi kelainan dinding rahim yang masih dapat diobati hingga sembuh. Adapun beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan antara lain:

1. Terapi Hormonal

Penebalan dinding rahim bisa terjadi karena produksi hormone estrogen yang berlebihan. Dokter akan memberikan terapi hormon dengan menggunakan hormon progesteron agar dapat menyeimbangkan hormon enstrogen. Kandungan progestin yang ada pada hormon progesteron ini banyak dipergunakan untuk melakukan terapi pada kondisi penebalan dinding rahim.

Terapi hormonal ini bisa dilakukan dengan berbagi cara, antara lain dengan pemberian pil, injeksi dan juga pemasangan IUD. Masing-masing pengobatan akan disesuaikan dengan tipe hiperplasia endometrium yang Anda alami dan juga kondisi tubuh Anda. tidak semua jenis sediaan hormon progesterone dapat diterima oleh tubuh.

Baca juga:  Yuk, Kenali Beberapa Ciri Rambut Sehat

2. Dengan Melakukan Operasi

Operasi yang dimaksud disini adalah operasi histerektomi yaitu operasi untuk mengangkat rahim. Prosedur ini biasanya dilakukan sebagai pilihan terakhir apabila Anda mengalami hiperplasia jenis atipikal. Histerektomi ini juga menyelamatkan Anda dari resiko terjadinya kanker rahim.

Pengobatan diatas mungkin bisa menjawab pertanyaan para penderita penebalan dinding rahim. Selama Anda masih mau melakukan pengobatan dan pemeriksaan maka kondisi ini dapat disembuhkan. Selain itu Anda perlu mewaspadai penggunaan pembalut. Pilihlah merk pembalut yang berkualitas baik seperti Laurier sehingga tingkat perkembangan kuman penyebab infeksi rahim dapat ditekan dan dikurangi.

 

Penderita Penebalan Dinding Rahim Bisa Tetap Sembuh

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *