5 Jenis Human Capital yang Penting bagi Perkembangan Perusahaan

human capital

Keberadaan sumber daya manusia sangat penting untuk menjalankan operasional perusahaan, namun sayangnya tidak semua perusahaan menyadari hal ini sehingga mudah bagi mereka untuk mengganti pegawainya. Perusahaan harus bisa meningkatkan sumber daya manusia dan tidak abai terhadap pegawai yang dimilikinya. Karena perusahaan harus menyiapkan human capital atau aset untuk memajukan perusahaan.

Mungkin Anda bertanya, apa itu human capital? Human capital merupakan segenap keterampilan, keahlian, kreativitas dan pengetahuan yang diwujudkan dalam profesionalitas bekerja. keberadaan human capital sangat penting, terlebih di masa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih. Hal tersebut menjadi perubahan bagi kelangsungan dan perkembangan perusahaan.

Jenis-jenis Human Capital

Human Capital adalah bagian dari sumber daya manusia, tetapi istilah ini lebih mengacu pada peningkatan keterampilan dan pengetahuan untuk perkembangan perusahaan. Keberadaan sumber daya manusia ini memberikan modal untuk perusahaan dalam meningkatkan produktivitas, menghasilkan layanan yang profesional dan meningkatkan nilai ekonomi. Ada beberapa jenis human kapital yang bisa dikembangkan dalam diri manusia diantaranya sebagai berikut:

Baca juga:  Makna yang Terkandung pada Bentuk Kubah Masjid

1. General Management Human Capital

Apa itu human capital general management? jenis Ini meningkatkan sumber daya manusia pada level manajemen tertentu atau eksekutif, yang meliputi kepemimpinan, kompetensi manajerial, keahlian fungsional, kemampuan mengambil keputusan dan lainnya.

Peran human capital jenis ini sangat penting, yaitu untuk meningkatkan interaksi eksekutif perusahaan dengan investor dan kolega bisnis untuk memajukan perusahaan.

2. Strategic Human Capital

Human Capital adalah sebuah keterampilan dan keahlian, hal ini berkaitan dengan jenis strategic human capital, di mana keterampilan dan keahlian yang didapat berdasarkan dari pengalaman dalam menghadapi situasi tertentu. Jenis human capital ini memiliki kemampuan dalam mengatur keuangan, seperti pemotongan anggaran biaya, analisis keuangan yang kurang menguntungkan. Strategic human capital juga memiliki kemampuan bermanuver dalam menghadapi situasi pasar serta perubahan dan situasi di lingkungan baru.

Baca juga:  Kelebihan dan Kekurangan Dalam Hack Game Android

3. Industry Human Capital

Industri human capital merupakan segenap pengetahuan yang berhubungan dengan industri baik teknis, supplier maupun regulasi. Jenis human capital ini hanya berlaku pada perusahaan yang beroperasi di bawah peraturan yang sama seperti industri obat, makanan, otomotif dan lainnya.

4. Relationship Human Capital

Sesuai dengan namanya, relationship human capital merupakan kecerdasan komunikasi yang menunjukkan kemampuan interaksi dengan orang lain, baik di dalam maupun luar tim kerja. Meskipun terlihat sederhana namun kemampuan ini perlu ditingkatkan dalam pegawai perusahaan.

Perusahaan yang memiliki relationship human capital dapat mendukung kelancaran pelaksanaan tugas, sehingga kinerja yang tinggi dapat tercapai dan diraih dengan mudah.

5. Company Specific Human Capital

Company specific human capital merupakan jenis human capital yang mengharuskan karyawannya mengenal atribut yang melekat pada perusahaan dengan baik. Dengan begitu, karyawan perusahaan dapat menjalankan tugas sesuai dengan visi dan misi yang sesuai dengan perkembangan perusahaan.

Baca juga:  Inilah 5 Tips Memilih Spare Part Motor Yang Asli

Itulah 5 jenis human capital yang bisa Anda ketahui. Setiap keterampilan dan pengetahuan tersebut harus ditanamkan pada pegawai perusahaan, sehingga kemajuan perusahaan dapat tercapai dengan baik.

 

Jenis Human Capital Penting bagi Perusahaan

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *