Pengertian dan Jenis Layanan Web Hosting

Jenis Layanan Web Hosting

Pengertian web hosting secara umum adalah sebuah perangkat komputer yang tersambung dengan layanan internet dan berfungsi untuk menyimpan data-data website/web (nama umum untuk World Wide Web/WWW) agar dapat diakses siapa saja secara online dengan web browser.

Web hosting disediakan oleh perusahaan jasa layanan server atau hosting yang membangun infrastruktur komputasi backend khusus yang dapat disewa oleh individu atau organisasi dalam mengakomodasi dan pemeliharaan situs web dan layanan terkait.

Jenis Layanan Web Hosting

Perusahaan jasa web hosting umumnya menyediakan berbagai jenis layanan web hosting untuk meng-host web sesuai kebutuhan. Oleh karena itu, dengan memahami jenis-jenis layanan web hosting yang ada maka pemilik web dapat menyesuaikan kebutuhan hosting. Tentunya web pribadi dengan web bisnis atau lainnya berbeda kebutuhannya, termasuk juga dari harga sewanya.

Berikut beberapa jenis web hosting yang tersedia secara umum, antara lain:

1. Shared Hosting (Hosting Berbagi Pakai)

Layanan Shared Hosting (Hosting Berbagi Pakai) merupakan layanan web hosting yang digunakan bersama dengan penyewa lain. Dengan demikian, pemilik web akan berbagi server fisik dan aplikasi perangkat lunak dalam server yang sama dengan pemilik web lainnya.

Keuntungan dari layanan shared hosting ini adalah mudah pengoperasiannya dan harga terjangkau karena biaya untuk mengoperasikan server dibagi antara pemilik di lingkungan berbagi pakai ini. Namun demikian, ada sejumlah kelemahan, seperti situs menjadi lebih lambat, atau jika ada masalah dengan salah satu penyewa yang ada, yang lain bisa kena imbasnya.

2. Virtual Private Server (VPS) atau Privat Hosting 

Virtual Private Server (VPS) atau Privat Hosting merupakan layanan web hosting dimana penyewa akan mendapatkan server khusus / pribadi dengan menyediakan fungsionalitas dan privasi yang sama seperti fisik komputer normal yang dapat menjalankan sistem operasi sesuai kebutuhan penggunanya.

Virtual private server (VPS) dikenal juga dengan nama virtual dedicated server (VDS). VPS merupakan perpaduan antara Shared hosting dan dedicated hosting, karena server berdedikasi virtual dapat memiliki salinan dari sistem operasi dan menyediakan hak akses dalam sistem operasi.

3. Dedicated Hosting (Hosting Khusus)

Layanan we hosting dedicated atau dedicated server ini penyewa akan memiliki seluruh server web untuk diri sendiri. Dengan demikian memungkinkan kinerja web lebih cepat, karena memiliki semua sumber daya server sepenuhnya, tanpa berbagi dengan penyewa/pemilik situs web lain.

Hanya saja, biaya sewa relatif mahal dan pengguna akan bertanggung jawab atas biaya operasi server sepenuhnya. Tentu saja dedicated server adalah pilihan yang baik untuk situs web yang membutuhkan banyak sumber daya sistem, atau memerlukan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

4. Collocated Hosting (Hosting Bertingkat)

Dalam jenis hosting ini, pengguna akan membeli server sendiri dan memilikinya ditempatkan di fasilitas web host. Pengguna akan bertanggung jawab untuk server itu sendiri. Keuntungan dari layanan hosting jenis ini adalah memiliki kendali penuh atas server web. Pengguna dapat menginstal skrip atau aplikasi apa pun yang dibutuhkan.

5. Website Builders (Pembuat Website)

Layanan Website Builders adalah jenis layanan hosting untuk melayani pemula yang perlu meng-host-kan web-nya bagi yang tidak memiliki keterampilan dan pengetahuan teknis untuk membangunnya. Layanan ini biasanya memberi antarmuka yang mudah dipahami dan berbasis browser online untuk membuat situs dan juga menghosting situs web tanpa penyiapan tambahan apa pun. Namun layanan Layanan Website Builders saat ini bisanya sudah ada dalam Layanan Shared Hosting.

Semoga pengertian dan jenis layanan web hosting di atas dapat menambah wawasan dan manfaat, terutama bagi yang akan mengelola blog atau situs web.

 

Pengertian dan Jenis Layanan Web Hosting

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.