Pengertian dan Proses Kerja Warna

Pengertian dan Proses Kerja Warna

Pengertian warna adalah sesuatu yang diterima oleh mata manusia dari cahaya atau sinar yang dipantulkan oleh benda-benda yang dikenainya. Ada 2 definisi warna yaitu warna secara objektif, adalah sifat cahaya yang dipancarkan (fisik), dan warna secara subjektif adalah sebagian dari pengalaman indera penglihatan (psikologis). Sedangkan Newton memberikan pengertian warna yaitu bagian sinar dalam spektrum yang tergantung pada gelombang cahayanya.

Warna juga memiliki karakteristik atau ciri-ciri khas yang secara umum dibagi dalam dua golongan berdasarkan temperatur warna yaitu warna dingin yang memperlambat rangsangan sistem saraf secara otomatis dan warna panas yang merangsang sistem saraf secara otomatis.

Proses Kerja Terjadinya Warna

Untuk melihat dan menikmati sebuah warna secara sempurna, ada 2 unsur yang sangat penting yaitu mata sebagai media dan cahaya sebagai sumber warna. Berikut penjelasannya.

Mata sebagai media warna

Mata adalah media untuk menangkap warna dari sumbernya dan bekerja sama dengan otak untuk memproses suatu model realita di dalam pikiran.

Kanal Pengetahuan

Bagian-bagian mata memiliki fungsi dan peran sendiri dalam menangkap cahaya dan dibagian paling belakang mata yaitu retina yang merupakan jaringan kerja dari saraf yang sensitif menyalurkan ke otak.

Mata dapat melihat perbedaan panjang gelombang dan retina pada mata adalah mediator antara dunia nyata dan otak dimana terjadi proses yang membentuk suatu model realita di dalam pikiran.

Perasaan akan mencatat situasi lingkungan yang tidak tampak, kemudian otak yang merakit seluruh variasi dan menjawab hubungan warna yang satu dengan lainnya.

Cahaya sebagai sumber warna 

Cahaya terdiri dari seberkas sinar yang memiliki panjang gelombang dan getaran yang frekuensinya berbeda-beda. Perbedaan gelombang cahaya inilah yang menciptakan perbedaan warna.

Panjang gelombang warna yang masih bisa ditangkap mata manusia berkisar antara 400-700 nanometer dengan frekuensi antara 3,8.104 – 3,8.10-4 . Bila gelombang tersebut memasuki mata, maka akan terjadi yang disebut dengan sensasi warna.

Daftar Warna dan Panjang Gelombang

Warna Panjang gelombang
Ungu

Biru

Hijau

Kuning

Orange

Merah

400-450

450-495

495-580

580-600

600-640

640-750

 

Proses Kerja Warna – Kanal Pengetahuan

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *