Tips Aman Menggunakan Internet agar Privasi Tidak Terganggu

Tips Aman Berinternet untuk Melindungi Privasi

Adakah web browser yang bantu blokir situs-situs berbahaya? Khususnya yang sering mencuri informasi pribadi bahkan malware. Kejahatan di internet pun terus meningkat sehingga kondisi ini pun cukup mengkhawatirkan.

Bukan hanya pemerintah saja yang berperan dalam memerangi kejahatan cyber tetapi juga masyarakat harus cerdas dalam menggunakan internet. Apalagi saat ini anak-anak pun sudah pandai menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi.

Supaya privasi tidak terganggu saat berinternet, ada beberapa cara yang bisa Anda dilakukan. Simak dan ikuti cara lengkapnya di sini.

Tips Aman Berinternet untuk Melindungi Privasi

Tak selalu informasi yang disajikan di internet ini benar, jadi jangan pernah anggap mentah-mentah semua informasi yang sedang Anda baca. Apabila Anda adalah orang tua, sebaiknya buatlah ponsel milik anak aman dengan membatasi browser mereka.

Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau gadget milik anda. Sedangkan Anda sendiri juga harus terus waspada ketika browsing di internet. Apalagi Anda menggunakan smartphone untuk bertransaksi setiap harinya.

Baca juga:  Sosok David Filo Pendiri Yahoo

Menjaga informasi pribadi di zaman serba modern ini memang tidaklah mudah. Disisi lain Anda membutuhkan layanan seperti e-banking atau e-commerce tapi juga tetap harus hati-hati. Ada beberapa tips aman yang bisa Anda dilakukan agar aman dan privasi tetap terjaga sebagai berikut ini:

1. Hati-hati dengan link mencurigakan

Saat menggunakan internet mungkin saja Anda akan melihat iklan pop up yang menyuruh registrasi. Ada juga iklan pop up berupa link yang mirip dengan link yang sedang Anda cari. Teliti terlebih dahulu sebelum sembarangan klik apalagi yang berhubungan dengan login.

Karena bisa saja link tersebut mengarah pada situs palsu yang dibuat oleh para hacker. Anda bisa terjebak pada situs phising yang membuat data pribadi tercuri tanpa disadari. Jadi informasi pribadi jangan mudah dimasukkan ke internet atau klik link URL yang berbahaya.

Baca juga:  Pengertian Belajar Online

2. Jangan sembarangan instal aplikasi

Laptop dan ponsel membutuhkan berbagai macam aplikasi untuk mempermudah Anda menggunakan internet. Ada aplikasi gratisan yang bisa Anda unduh, tapi berhati-hatilah karena tidak semua aplikasi itu aman. Ada aplikasi yang mengandung malware sama seperti dalam sebuah situs.

Ketika Anda mengunduh aplikasi tersebut, malware akan langsung menyusup ke dalam ponsel atau laptop. Semua data akan dilipatgandakan dan bisa juga mencuri informasi pribadi yang penting. Sebaiknya unduh aplikasi dari penyedia terpercaya seperti Play Store.

3. Pegang kendali penuh dengan akun Google

Memiliki akun Google memudahkan Anda untuk mengakses semua layanan yang disediakan. Mulai dari email, GDrive, Youtube, Playstore dan lainnya yang semua itu mengandung data pribadi. Akan lebih baik jika Anda menambahkan keamanan pada akun untuk mendapatkan kendali penuh.

Baca juga:  Nama Domain Untuk Sebuah Website

Sehingga ketika ada kegiatan yang mengakses akun Anda secara mencurigakan, Google akan memberitahukan langsung melalui email. Anda pun bisa mengontrol penuh dengan segera menghentikan akses atau mengganti password.

4. Rutinlah mengganti password

Hacker biasanya akan memantau aktivitas yang rutin dilakukan apalagi terkait dengan password. Kini password sangatlah penting, oleh karena itu kebanyakan layanan aplikasi menyarankan Anda untuk rutin mengganti password.

Begitu pula saat pertama kali membuat akun Anda juga harus membuat password yang unik sehingga tidak mudah dikenali. Anda bisa mengganti password ke akun apapun setiap tiga bulan sekali.

Mengikuti keempat tips ini kamu akan berselancar di internet dengan aman dan nyaman. Tak perlu khawatir lagi soal privasi yang diakses oleh orang tidak bertanggung jawab.

 

Tips Aman Menggunakan Internet agar Privasi Tidak Terganggu

Loading...

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *