Pengertian Podcast, Sejarah dan Cara Membuatnya

Pengertian Podcast

Pengertian Podcast adalah konten hasil rekaman digital baik itu audio maupun video yang dapat didengarkan, dilihat dan diunduh oleh khalayak umum melalui internet. Istilah Podcast menurut beberapa sumber berasal dari kata “Ipod” dan “Broadcasting”. Namun ada juga pendapat bahwa istilah Podcast merupakan singkatan dari “play-on-demand” dan “broadcast”.

Sedangkan dalam bahasa Indonesia kata Podcast sudah ada padan katanya yaitu siniar yang menurut KBBI berarti siaran (berita, musik, dan sebagainya) yang dibuat dalam format digital (baik audio maupun video) yang diunduh melalui internet.

Bagi masyarakat, podcast merupakan sebuah cara untuk menikmati konten menarik baik itu audio maupun video dari seluruh dunia. Sedangkan bagi pembuat, podcast merupakan cara yang sangat efektif untuk menjangkau banyak pendengar sesuai minatnya.

Sejarah Podcast

Podcast merupakan hasil perkembangan teknologi digital. Awalnya Podcast atau siniar ini mirip siaran radio namun dalam penyiaran terbatas. Berbeda dengan radio, di podcast, pendengar memiliki kontrol penuh atas apa yang mereka ingin dengarkan dan bagaimana serta di mana akan mendengarkannya.

Apa itu Podcast? Sejarah Podcast tidak terlepas dari Apple. Sesuai dengan definisi Podcast yaitu “Ipod” dan “Broadcasting” (pendapat ini mendekati kebenarannya) karena Apple melalui podcast berusaha menyaingi “webcast” yang juga merujuk pada media digital baik itu audio maupun video melalui website. Hanya saja makin banyak pengguna Ipod, yang merupakan produk Apple, maka untuk membedakannya muncullah istilah Podcast.

Baca juga:  Untuk Merawat Rack Server, Ingat 4 Hal Ini

Podcasting pertama dimulai pada tahun 2004 dengan peluncuran program yang disebut iPodder, yang dikembangkan oleh Dave Winer seorang pengembang perangkat lunak. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna dapat mengunduh siaran radio dari internet menggunakan format RSS Winer dan menambahkannya ke pengguna iPod. Sebagai podcaster pertama adalah mantan joki video MTV Adam Curry.

Kehadiran Podcast semakin berkembang dan disukai banyak orang di Amerika, maka pada tahun 2005 Apple meluncurkan fitur podcast untuk jaringan radio. Beberapa stasiun radio besar seperti CBC Radio One, BBC, NPR, dan lain sebagainya, mulai menggunakan siaran audio untuk Ipod. Selain itu banyak penyiar radio dan komedian mulai membuat podcast sendiri.

Beberapa peristiwa penting yang berkaitan dengan sejarah awal Podcast yang terjadi pada tahu 2005, yaitu:

  • Apple merilis versi iTunes yang menambahkan dukungan untuk podcast
  • Podcast menjadi berita utama di media masa sepanjang tahun
  • The New Oxford American Dictionary memilih “podcasting” sebagai “Word of the Year”
  • Presiden AS George W. Bush mulai menyampaikan pidato mingguan melalui podcast
  • Kesepakatan podcast enam digit pertama ditandatangani oleh pembawa acara Mommycast dan Dixie Consumer Products

Pada tahun 2006, CEO Apple Steve Jobs memberikan demonstrasi langsung kepada pengguna GarageBand bagaimana dapat membuat podcast sendiri di iTunes. Meskipun podcasting secara keseluruhan mengalami pertumbuhan yang lambat namun stabil.

Pada tahun 2014, American Life meluncurkan podcast jurnalisme serial investigasi. Sejak itu, podcast menjadi saluran utama untuk Situs Berita, gaya hidup populer, dan pemasaran bisnis.

Baca juga:  Rekomendasi Hosting Indonesia untuk Promosi Usaha dengan Online Shop

Seiring hadirnya smartphone, maka Ipod pun mulai jarang digunakan. Namun konsep podcast masih tetap digemari dan ditemui di berbagai platform digital bukan lagi hanya melalui ipod. Bahkan banyak publik figur memanfaatkan podcast untuk bermacam-macam tujuan. Sehingga antara podcast dan webcast semakin membingungkan.

deddy corbuzier podcast
Deddy Corbuzier Podcast

Macam jenis podcast

Saat ini ada beberapa jenis podcasting yang dilakukan podcaster, antara lain:

 1. Podcast Interview

Pada jenis Podcast ini, host (podcaster) akan melakukan wawancara kepada narasumber yang dianggap penting atau menarik.

2. Podcast Solo

Podcaster atau host melakukan monolog untuk menyampaikan opini, informasi, atau melakukan sesi tanya jawab. kepada pendengarnya.

3. Podcast Multi Host

Podcasting ini berisi diskusi yang dilakukan oleh beberapa narasumber atau tamu sehingga menjadi lebih menarik dan memberikan hiburan sekaligus pengetahuan.

Cara Membuat Podcast

Saat ini, kalau hanya sekedar membuat Podcast cukup mudah. Bahkan melalui smartphone bisa, hanya saja hasilnya bisa jadi kurang memuaskan. Hasil podcast yang bagus tergantung pada tiga teknologi yaitu:

  1. perangkat keras untuk merekam audio visual dan perangkat lunak untuk mengedit,
  2. platform untuk mendistribusikan podcast,
  3. layanan yang dapat digunakan orang untuk mengunduh atau streaming podcast.

Setelah mengetahui definisi Podcast, sejarah dan peralatan membuat Podcast, berikut ini beberapa langkah tentang  poin utama untuk pertimbangan membuat podcast atau siniar yang baik.

  1. Pikirkan topik dan nama podcast. Sebaiknya cukup unik sehingga akan menarik perhatian pendengar, namun jangan terlalu spesifik sehingga hanya sedikit orang yang tertarik.
  2. Buat jadwal konten. Tentukan seberapa sering episode baru akan dirilis, isi detail konten spesifik tentang apa yang akan dicakup oleh setiap episode.
  3. Cari tamu yang relevan. Sebagian besar podcast mendapatkan lebih banyak eksposur dan ketenaran jika mereka mewawancarai tamu dalam sebuah episode.
  4. Rencanakan liputan dan konten wawancara. Persiapkan naskah atau pokok pembicaraan tertentu, dan harus menyertakan informasi detail dari berbagai sumber.
  5. Rekam dan edit audio podcast. Minimalkan jeda (diam) lama dalam pembicaraan, tetapi pastikan juga percakapan tetap terasa alami.
  6. Unggah episode ke platform host. Sertakan grafik yang relevan dan deskripsi episode.
  7. Promosikan episode di media sosial, website atau email. Media sosial dan pemasaran email adalah dua cara paling umum yang digunakan pendengar untuk tetap terlibat. Atau membuat website seperti wartasaranamedia.com yang didalamnya berisi podcast.
Baca juga:  Kapan ulang tahun Google? Hari ini ke 17

Secara umum fungsi podcast mirip dengan radio yaitu sebagai sarana komunikasi untuk menyebarkan pesan, pengetahuan dan informasi kepada banyak pendengar. Namun fitur podcast memungkinkan orang untuk mengunduh, dan menyebarkan dengan mudah dan cepat melalui jaringan internet yang stabil.

Jika dulu Podcast hanya dinikmati bagi kalangan pengguna produk Apple, kini podcast sudah dapat digunakan di berbagai smartphone melalui aplikasi seperti Google Podcast, Joox, Spotify, hingga Anchor. Bahkan pengguna bisa membuat podcast sendiri melalui aplikasi tersebut.

 

Pengertian Podcast, Sejarah dan Cara Membuatnya

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *