Pengertian Profesionalitas

Pengertian Profesionalitas

Pengertian profesionalitas adalah sebutan terhadap kualitas sikap para anggota suatu profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki untuk melakukan tugas-tugasnya.

Berbeda dengan pengertian profesionalisme yang merupakan sebutan yang mengacu pada sikap mental dalam bentuk komitmen dari para anggota suatu profesi untuk senantiasa mewujudkan dan meningkatkan kualitas keprofesionalannya.

Pengertian profesionalitas lebih menggambarkan suatu keadaan derajat keprofesian seseorang dilihat dari sikap, pengetahuan, dan keahlian yang diperlukan untuk melaksanakan tugas.

Profesionalitas dapat dipandang sebagai suatu paham tentang komunikasi pengetahuan yang langsung terwujud dalam pembelajaran dan pengalaman individu atau kelompok. Bentuk komunikasi yang dimaksud tidak hanya menjalankan arus utama pada lembaga sosial, tetapi juga langsung pada spesialisasi lembaga pendidikan dan pelatihan.

Profesionalitas bukanlah suatu konsep yang sederhana sebab merupakan bagian dari hubungan dengan masyarakat, sehingga pelaksanaan akan membawa perubahan langsung, pada manajemen yang baik dan benar, yang akan berarti juga merupakan suatu masalah yang sangat serius.

Profesionalitas mengacu pada sikap profesional para anggota profesi terhadap profesinya serta derajat pengetahuan dan keahlian yang mereka miliki dalam rangka melakukan pekerjaannya. Sekilas tentang Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri untuk pengembangan SDM.

Kanal Pengetahuan

Seorang profesional mempunyai makna ahli (expert) dengan pengetahuan yang dimiliki melayani pekerjaannya, memiliki tanggungjawab (responsibility) atas keputusannya baik intelektual maupun sikap, serta memiliki rasa kesejawatan menjunjung tinggi etika profesi dalam suatu organisasi yang dinamis.

Gelar profesional telah mendapat pengakuan, baik secara formal maupun informal. Pengakuan secara formal diberikan oleh suatu badan atau lembaga melalui pendidikan dan pelatihan dari yang mempunyai kewenangan, yaitu pemerintah dan atau organisasi profesi.

Sedangkan pengakuan penyandang profesional secara informal diperoleh dari pengakuan yang diberikan oleh masyarakat luas dan para pengguna jasa atas suatu profesi.

Karakteristik Profesionalitas

Beberapa karakteristik dari seorang profesionalitas antara lain:

(1) merasa bangga dengan pekerjaannya dan menunjukkan komitmen terhadap kualitas;

(2) mempunyai tanggung jawab yang besar dapat mengantisipasi sehingga dapat berinisiatif;

(3) ingin menyelesaikan pekerjaan dengan tuntas dan ikut terlibat dalam tugas di luar peranan yang ditugaskan kepadanya;

(4) ingin terus belajar untuk meningkatkan kemampuannya dan meningkatkan kemampuannya untuk melayani;

(5) mendengar kebutuhan para pelanggan serta dia adalah pemain dalam satu tim;

(6) dapat dipercaya dan jujur, terus terang dan royal selanjutnya,

(7) terbuka terhadap kritik yang konstruktif dan mau meningkatkan dan menyesuaikan dirinya.

Salah satu contoh profesionalitas adalah Malik Gunawan lulusan Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN), Fakultas Teknologi IPB angkatan 36, yang membangun usaha sabun transparan Adev Natural, saat masih menjadi mahasiswa.

Pengertian Profesionalitas

Kanal
loading...

You May Also Like

Tentang : Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *