Strategi Jualan di Instagram Untuk Pemula

Strategi Jualan di Instagram

Jualan Anda di Instagram tidak ada perkembangan? Bisa jadi itu karena salah strategi. Meskipun terbilang cukup mudah menggunakannya, namun perlu strategi jualan di Instagram, sebagaimana mengelola bisnis pada umumnya. Pada artikel ini akan dibahas beberapa tips agar Instagram dapat menjadi media bisnis online yang efektif dan meningkatkan omzet penjualan.

Strategi Jualan di Instagram

Sudah banyak pebisnis online yang memanfaatkan media sosial Instagram sebagai kanal marketing online. Terlebih pengguna Instagram diperkirakan ada 157.5 juta dan pengguna internet sekitar 202.6 juta orang di Indonesia, maka ini bisa menjadi media bisnis online yang cukup menjanjikan.

Promosi di Instagram lebih efektif dan memiliki tingkat engagement lebih tinggi karena di Instagram memiliki jenis konten foto dan video yang lebih menarik minat pengguna media sosial, dibandingkan yang lain. Bahkan Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang populer di seluruh dunia.

Namun, agar akun bisnis Instagram dapat membuat brand semakin luas dan meningkatkan penjualan, perlu usaha dan tidak dapat melakukan sembarangan. Agar sukses, cara promosi di Instagram diperlukan strategi maupun trik-trik tertentu yang mungkin bisa berbeda dengan media sosial lainnya.

Berikut ini rangkuman beberapa tips dan strategi jualan di Instagram dari berbagai sumber yang perlu diketahui, terutama bagi pebisnis online Instagram pemula.

Buat Akun Bisnis dengan Profil Instagram yang Lengkap

Agar bisnis terlihat lebih profesional, maka gunakan akun bisnis Instagram dengan nama akun yang mengandung keyword produk yang dijual. Ini untuk memudahkan orang mencari. Misalkan @bajuanak_Jkt, @restopadang_surabaya, dll.

Selain itu, lengkapi profil untuk menumbuhkan kepercayaan pengguna Instagram, seperti:

Baca juga:  Rencana Memiliki Mobil? Perhatikan Tips Mendapatkan Cicilan Mobil Murah Berikut
  • Gambar profile terbaik
  • Ada deskripsi singkat
  • Tambahkan kalimat Call to Action
  • Tambahkan link website, kontak, dll.

Upload Foto dan Video yang Menarik

Foto maupun video produk yang di-upload ke Instagram bisa menggambarkan atau mewakili produk yang dijual. Banyak marketer bisnis online menyarankan untuk meng-upload foto dan video produk jualan yang jelas, menarik, unik.

Hanya saja di Instagram tidak bisa menyertakan link pada caption, maka tambahkan keterangan atau caption singkat dan jelas tentang keunggulan dan harganya. Jika ingin menambahkan deskripsi produk yang lengkap di website, gunakan shortlink agar mudah diingat. Atau memasang link website produk pada profil akun Instagram.

Gunakan Hashtag

Hashtag atau tagar (dengan simbol #)penting di media sosial, termasuk di Instagram untuk menandai sesuatu yang penting agar mudah untuk dicari. Menyertakan hashtag di Instagram untuk foto dan video produk jualan, selain memudahkan pencarian, juga update postingan yang telah dibuat akan lebih terorganisir dan terkelompok dengan baik.

Bahkan hashtag di Instagram juga dapat menambah jumlah followers dan kepopuleran, untuk memudahkan pencarian lokasi, untuk akses promosi produk di Instagram, dan untuk mempermudah menemukan suatu event.

Namun perlu diingat, gunakan hastag yang relevan dengan konten dan jangan menggunakan hashtag dengan berlebihan yang nantinya bisa dianggap spam.

Bangun Relasi dengan Mencari Follower

Strategi jualan di Instagram ini sangat penting. Jumlah followers dapat menciptakan peluang penjualan. Dengan kata lain, semakin banyak followers, maka akan semakin banyak peluang produk akan terjual. Oleh karena itu mencari dan menambah followers sebanyak mungkin perlu dilakukan, agar nantinya bisa menjadi pelanggan setia.

Baca juga:  Mau Transaksi Remittance Aman? Pakai digibank Transfer Valas!

Strategi yang dapat dilakukan di Instagram adalah me-follow akun yang tertarik dengan jenis produk yang sama dengan produk yang Anda jual, agar nantinya mendapatkan rekomendasi follower dari Instagram akun yang sejenis. Misalkan ada akun yang suka kuliner, kemudian di-follow, dan kemungkinan bisa menjadi pelanggan jika produk yang Anda jual adalah makanan.

Anda juga bisa follow akun Instagram rekan-rekan Anda, kerabat dan kemudian mempromosikan jualan Anda. Tetapi perlu diingat jangan nyepam jualan secara langsung, sebaiknya lakukan teknik soft selling.

Perlu diingat, ada beberapa hal yang mempengaruhi tingkat keterlibatan di Instagram (Engagement Rate Instagram), seperti waktu posting, frekuensi posting, jumlah pengikut (follower), komentar, like dan dan algoritma Instagram. Semakin tinggi Engagement Rate sebuah postingan di Instagram, maka dapat menarik followers lainnya untuk ikut berkomentar, sehingga semakin besar kemungkinan terjadinya transaksi penjualan. Jika ingin mendapatkan lebih follower yang nantinya bisa berkomentar, like, dan repost, bisa menggunakan jasa RajaKomen yang baru diluncurkan.

situs rajakomen.com

Posting Konten Dengan Konsisten

Melakukan posting di Instagram IG secara konsisten bukan hanya untuk update konten, melainkan juga agar lebih bisa terjadi interaksi ke followes yang nantinya diharapkan bisa terjadi konversi penjualan. Selain itu branding bisnis akan semakin dikenal oleh banyak orang.

Untuk itu, sebaiknya jadwalkan waktu terbaik untuk melakukan postingan dengan rutin agar engagement bisa tinggi. Tidak harus update produk, bisa juga share informasi dan pengetahuan yang berhubungan dengan produk.

Upload Testimoni

Strategi jualan di Instagram dengan meng-upload testimoni bisa menjadikan banyak pelanggan. Dalam marketing, testimonial dapat diartikan pernyataan tertulis atau ucapan seseorang yang memuji keutamaan suatu produk. Dengan demikian pelanggan maupun calon pelanggan akan menjadi tertarik dan lebih yakin dan percaya kepada produk yang dijual dengan adanya testimonial.

Baca juga:  Pengertian Dan Jenis-Jenis Obligasi

Meskipun terlihat sepele, namun ini memiliki efek yang besar. Jika ada testimoni dari pelanggan, segera screenshot kemudian upload. Ini merupakan langkah tepat agar penjualan semakin meningkat karena bukan sistem marketplace.

Giveaway dan Diskon

Banyak pebisnis online menggunakan strategi ini untuk menaikkan omzet penjualan. Strategi jualan di Instagram pun bisa menggunakan cara ini yaitu membuat program Giveaway dengan membagikan produk secara gratis sebagai hadiah dan Diskon dengan persyaratan tertentu.

Misalkan jika ingin mendapatkan diskon spesial harus follow sosial media, pencet love, share, tag temannya pada kolom komentar, dan lain sebagainya. Cara seperti ini sudah terbukti dapat meningkatkan follower dan engagement akun Instagram.

Promosi Ke Media Sosial

Yang terakhir dalam usaha menciptakan agar promosi di Instagram sukses adalah melakukan promosi akun bisnis Instagram yang dimiliki ke media sosial lainnya seperti facebook, twitter, WA dan lain-lain. Lakukan promosi juga melalui website, yang tujuan semuanya adalah mengarahkan orang-orang agar follow akun Instagram bisnis yang dikelola. Atau bisa juga dengan beriklan menggunakan Instagram Ads melalui akun Facebook Ads Manager.

Menguasai promosi dan strategi jualan di Instagram merupakan wajib bagi pemilik bisnis online yang menginginkan bisnisnya maksimal melalui media sosial Instagram, yang dianggap mempunyai kekuatan yang luar biasa sebagai sarana bisnis online oleh para pebisnis. Setidaknya strategi diatas bisa menjadi dasar yang selanjutnya dapat dikembangkan sesuai kebutuhan.

 

Strategi Jualan di Instagram Untuk Pemula

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *