Tips Memilih Aplikasi Konsultasi Dokter Online

aplikasi kesehatan online

Saat ini banyak beredar aplikasi konsultasi dokter online untuk smartphone android dan iOS. Kehadiran aplikasi tersebut seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin praktis dan efisien. Tentu saja hal itu dapat mempengaruhi gaya hidup khususnya di bidang kesehatan.

Muncul aplikasi konsultasi dokter online ini bisa menjawab segala keluh kesah kita tentang berbagai jenis penyakit dengan mudah. Namun pengguna perlu tahu apakah aplikasi tersebut benar-benar menyediakan dokter yang berkompeten atau tidak dan apakah informasi kesehatan yang diberikan sudah terbukti kebenarannya?

Memilih Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Banyaknya aplikasi dokter online memang menguntungkan pengguna untuk memilih. Akan tetapi di sisi lain bisa menimbulkan kebingungan karena banyaknya. Oleh karena itu, berikut ada beberapa tips singkat untuk memilih aplikasi konsultasi dokter dengan cerdas.

Penampilan Dokter

Jangan mudah tertipu pada penampilan seseorang yang mengenakan jas putih pada tampilan di aplikasi. Jas putih memang melekat pada profesi dokter. Namun pengguna jangan mudah terkecoh. Pengguna aplikasi berhak untuk mengecek lebih dalam mengenai kredibilitas dokter tersebut.

Untuk itu. luangkan waktu sejenak untuk melihat apakah dokter memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) tenaga kesehatan yang diberikan oleh pemerintah serta mengetahui kompetensi dokter melalui situs Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Tidak ada salahnya untuk menanyakan ke dokter yang dipilih untuk konsultasi, lulusan mana atau apakah pernah tersangkut dalam sebuah kasus, sebelum melanjutkan konsultasi lebih jauh.

Kanal Pengetahuan

Pembelian Obat

Dokter dan obat sepertinya tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, di aplikasi konsultasi dokter akan tersedia menu pembelian obat. Sebagai pengguna yang memiliki mobilitas tinggi tentu fitur ini sangat menguntungkan.

Namun, sebelum membeli obat, wajib cek ulasan pembeli lain tentang kritik atau pujian mengenai jasa pelayanan ini. Dan jangan lupa untuk membandingkan harga obat pada aplikasi tersebut dengan yang lain. Jangan terkecoh dengan harga yang ditawarkan sangat murah.

Tidak kalah penting adalah layanan pengantaran obat. Pastikan memilih apotek terdekat agar obat bisa dikirim secepatnya.

Reputasi Rumah Sakit 

Aplikasi konsultasi dokter yang bagus memiliki direktori rumah sakit. Pastikan rumah sakit yang ada memberikan informasi lengkap, beserta fasilitas-fasilitas yang tersedia termasuk tarifnya.

Fitur rumah sakit ini sangat berguna jika kita ingin berkonsultasi dengan dokter secara langsung, juga saat kita sedang berada di luar kota dan butuh pengobatan di rumah sakit terdekat.

Artikel Kesehatan

Aplikasi konsultasi dokter pastinya dilengkapi artikel kesehatan. Pastikan artikel-artikel tersebut ditulis oleh orang yang berkompeten dan tidak hanya memberikan kutipan-kutipan berdasarkan penelitian yang sudah lalu.

Jika kurang puas atau ingin bertanya lebih lanjut, bisa gunakan fitur live chat untuk berbicara langsung dengan dokter tentang tips kesehatan terbaru.

Aplikasi Semakin Lengkap, Semakin Baik

Perhatikan aplikasi konsultasi dokter yang Anda buka, apakah memiliki fitur yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan pengguna? Kalau ya, berarti aplikasi tersebut memang serius dalam menangani kesehatan penggunanya.

Dengan berbagai fitur yang lengkap ini, tentu Anda bisa menilai aplikasi konsultasi dokter yang terpercaya dan profesional di bidang kesehatan.

 

Tips Memilih Aplikasi Konsultasi Dokter Online

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *