Tips Agar Tidak Keracunan Karbon Monoksida Pembuangan AC Mobil

Menghindari Gas Beracun Dari AC Mobil

Bahayanya karbon monoksida dalam mobil, memang terkesan sepele namun keracunan udara itu mungkin terjadi dan kasus ini sudah terjadi bukan satu kali saja. Karenanya melakukan perawatan mobil untuk mengetahui kebocoran yang tidak kita ketahui akan sangat panting. Kebocoran pada saluran pembuangan udara kotor ke luar mobil, yang menyebabkan karbon monoksida ikut tercampur di dalam mobil.

Adapun gejala yang akan kita rasakan, jika karbon monoksida hasil pembuangan AC masuk kedalam mobil kita, antara lain;

  • Sakit kepala (biasanya di area dahi).
  • Mual dan muntah.
  • Pandangan kabur.

Sementara pada akibat yang lebih fatal lagi, kita akan merasakan beberapa gejala seperti:

  • Sesak napas.
  • Denyut nadi menjadi cepat.
  • Nyeri dada.

Pada tahap keracunan karbon monoksida yang parah, kita dapat mengalami penurunan tekanan darah, gangguan pada sistem jantung dan pernapasan, kejang, koma, hingga penurunan kesadaran.

Karena itulah kita perlu melakukan perawatan rutin pada mobil kita di http://otoklix.com/ Keracunan pada karbon monoksida akan sangat membahayakan. Kasus keracunan gas karbon monoksida di dalam mobil bukan sekali terjadi. Mesin mobil yang dalam kondisi hidup, karena kebocoran tersebut. Alasan gas tersebut bisa sampai masuk ke kabin mobil.

Orang yang menghirup gas karbon monoksida akan kehilangan oksigen yang dibutuhkan tubuh. menyebabkan, hemoglobin darah yang seharusnya mengikat oksigen dan mengalirkan ke seluruh tubuh terganggu.

Tips Menghindari Gas Beracun Dari AC Mobil

Adapun beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk menghindar dari gas beracun yang ada di dalam AC mobil. Agar terhindar dari hal yang tidak kita inginkan. Karena gas monoksida juga bisa menyebabkan kematian. Cara mencegah keracunan gas  karbon monoksida dari  AC di kabin bisa dilakukan dengan:

  • Selalu ingat agar tidak menggunakan AC atau membiarkan AC mobil menyala selama mobil parkir atau berhenti dengan cukup lama.
  • Biarkan sedikit celah, dan buka sedikit jendela
  • Apabila sudah merasakan gejala pusing atau mual, segera ingat buka kaca jendela agar menghirup oksigen dari luar.
  • Tidak menggunakan AC mobil dalam waktu yang sangat lama.

Karbon monoksida yang berbentuk gas, memang tidak kasat mata namun memiliki dampak yang sangat membahayakan. Jika kadarnya sudah tinggi bisa menyebabkan kehilangan kesadaran bahkan kematian yang cepat. Karena memiliki ciri tersamarkan, saat tersadar akan sulit mencari pertolongan karena kondisi badan yang terlalu lemas, bahkan untuk sekadar membuka pintu mobil sangat sulit.

Ada beberapa keadaan yang membuat gas sisa pembakaran mesin mobil bisa masuk ke dalam kabin mobil, Berikut beberapa di antaranya:

  1. Knalpot yang Bocor, Jarang Diperhatikan. Cara Merawat Airbag Mobil Pipa knalpot harus diarahkan ke belakang mobil untuk memastikan gas akhir pembakaran tidak keluar di bawah dek dan masuk ke dalam mobil. Karena adanya karat, pipa knalpot bisa saja bocor di tengah dan menyebabkan gas keluar di bawah dek mobil. Gas buangan yang terakumulasi bisa menyusup masuk ke dalam mobil.
  2. Sistem AC Rusak, sangat sering terjadi karena AC mobil yang rusak. seperti kompresor dan tabung ekspansi yang di ruang berada di mesin. Karena minimnya perawatan, akan menimbulkan potensi terjadi kebocoran pada salurannya, terutama pada selang AC dan jalur di firewall.
  3. Karat yang terjadi pada Bodi Mobil Karat, terutama di dek bagian bawah yang sering kali kotoran seperti debu atau lumpur menempel dan akan menyebabkan karat pada mesin. Karena adanya karat ini lama kelamaan akan bolong.

Untuk mencegah keracunan yang diakibatkan ac mobil yang tidak pernah terawat, kita harus lakukan.

  1. Melakukan servis AC mobil secara berkala. Tidak hanya mesin mobil, aki mobil oli dan lainnya. AC mobil juga harus sering kita periksa.
  2. Membersihkan bagian AC.
  3. Memasang pewangi yang menenangkan.

Kadang kita lalai dan lupa untuk membersihkan atau merawat AC mobil kita. Karena tidak ada dampak yang terjadi dan mempengaruhi mobil. Yang membuat kita tidak terlalu memperhatikan keadaan AC mobil. Padahal justru ini yang sangat membahayakan untuk kita juga. Dengan gas beracun dari AC yang terkontaminasi dan rusak tanpa sepengetahuan kita. Yang justru akan membahayakan kita.

Untuk melakukan pemeriksaan AC kita bisa datang dan mengunjungi bengkel atau salon mobil terdekat yang sudah terbukti memberikan pelayanan terbaik. Dengan peralatan dan perlengkapan yang jelas. Tak rugi kita mengeluarkan sejumlah uang untuk melakukan perbaikan pada mobil kita. Dan keselamatan kita selama berkendara juga terjamin.

Servis ac mobil dan berkualitas dengan harga yang terjangkau dan memiliki teknisi yang sudah ahli akan sangat membantu kita. Dengan garansi yang diberikan.

 

Tips Agar Tidak Keracunan Karbon Monoksida Pembuangan AC Mobil

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.