Tips Menjadi Mom Blogger Produktif

Menjadi Mom Blogger Produktif

Menjadi seorang ibu merupakan kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri. Melihat proses tumbuh kembang anak-anak mulai dari bayi hingga beranjak mulai masuk sekolah, adalah sebuah anugerah yang tak tergantikan. Setuju bukan?

Namun, menjadi seorang ibu juga bisa mendatangkan rasa jenuh dan kehilangan jati diri. Mengapa?  karena ketika menjadi seorang ibu, itu artinya seorang ibu akan mengabdikan seluruh waktu dan tenaga untuk menjalani tugas dan tanggung jawab sebagai seorang ibu. Tidak jarang para ibu kehilangan waktu untuk diri sendiri. Akibatnya seorang ibu akan merasa terpuruk dan merasa kehilangan jati diri.

Bukan hanya itu, para ibu juga terkadang merasa underestimated karena statusnya yang “hanya” menjadi ibu rumah tangga biasa. Terlebih lagi jika usia para ibu sudah tidak muda lagi, kemudian muncullah perasaan minder dan perasaan kalah bersaing dengan anak muda juga para mama muda di zaman milenial ini. Dimana teknologi semakin berkembang dengan cepat, terutama inovasi teknologi digital.

Menjadi Mom Blogger

Tetapi, pemikiran itu seyogyanya salah.  Menjadi ibu rumah tangga bukan akhir dari segalanya. Bukan pula akhir dari menjalani passion dan cita-cita seorang ibu. Menjadi ibu produktif nyatanya dapat membantu seorang ibu lebih semangat menjalani hari-hari sebagai ibu. Selain itu, menjadi ibu produktif juga diperlukan agar para ibu memiliki pengetahuan yang luas dalam rangka mendampingi dan membersamai tumbuh kembang anak dan keluarga.

Menjadi seorang ibu rumah tangga bukan lantas para ibu tidak bisa lagi bergerak maju dan berkarir. Seorang ibu rumah tangga juga bisa produktif berkarya dan memiliki karir dari rumah. Peluang untuk produktif dan berkarya di zaman milenial justru terbuka lebar bagi ibu rumah tangga. Bukan hanya peluang mengembangkan passion, tapi juga menambah pengetahuan, pertemanan dan mendapat income. Salah satu peluang itu adalah menjadi mom blogger.

Baca juga:  Pengertian Paket Internet Berbasis Kuota

Peluang untuk lebih produktif  dengan Menjadi Mom Blogger

Setelah menjadi seorang ibu dan terjun bebas dalam dunia parenting, saya yakin para ibu sedikit melupakan hobi nya masing-masing. Agar ibu rumah tangga bisa kembali produktif, yuk kita gali kembali apa sih yang menjadi hobi kita selama ini yang ingin kita lanjutkan dan kembangkan.

Misalnya ibu hobi menulis. Ibu bisa mulai membuat Blog dan mulai mengasah kembali kemampuan menulis. Ibu bisa menulis tentang cerita keseharian sebagai seorang ibu atau minat ibu terhadap pendidikan, teknologi, lingkungan, kesehatan, memasak sampai film.

Menjadi Mom Blogger di zaman milenial ini peluangnya cukup besar lho. Kemudahan mengakses internet dan berbagai macam platform social media, memungkinan para ibu bisa menjadi mom blogger yang sukses. Bagaimana caranya untuk menjadi mom blogger yang sukses?

Berikut tips dari saya yang telah menjalani profesi sebagai mom blogger selama dua tahun terakhir dan menulis di blog www.artjoka.com.

1. Membuat Blog dan Mulai Menulis

Tips pertama menjadi mom blogger yang sukses adalah dengan mulai membuat blog dan mulai menulis. Ibu bisa menulis di platform yang kini tersedia banyak di internet, seperti WordPress, Blogspot, Medium dan Wix. Ibu bisa mulai menulis apa saja yang menjadi minat ibu. Misla tentang Parenting, Keluarga, Kesehatan, Teknologi, Lingkungan, Resep Masakan, Pendidikan, Kerajinan Tangan sampai Film.

Baca juga:  Nama Domain Untuk Sebuah Website

2. Bergabung Dengan Komunitas Menulis

Tips kedua adalah bergabung dengan komunitas menulis. Keberadaan Komunitas Menulis cukup penting bagi kemajuan dan produktivitas Mom Blogger. Melalui komunitas menulis, mom blogger bisa mendapatkan teman seperjuangan, ilmu seputar blogging, informasi pelatihan menulis hingga peluang pekerjaan.

Mom Blogger dapat mencari tahu mengenai keberadaan komunitas menulis melalui instagram, twitter atau Facebook. Kemudahan mengakses internet memungkinkan Mom Blogger dapat bergabung dengan komunitas menulis dari daerah mana saja.

3. Jalin Silaturahmi dengan sesama Blogger

Tips ketiga adalah menjadi silaturahmi dengan sesama Blogger. Mom Blogger dapat saling tegur sapa lewat komunitas atau pertemanan di social media hingga pesan pribadi di whatsapp. Manfaatnya adalah selain menjalin silaturahmi juga memperkuat supporting system kegiatan blogging para mom blogger.

4. Mengikuti Pelatihan Menulis 

Tips keempat untuk menjadi mom blogger yang produktif adalah dengan mengikuti pelatihan menulis. Hal ini agar kemampuan menulis mom blogger meningkat. Melalui pelatihan menulis, mom blogger dapat mengetahui bagaimana caranya menulis yang baik hingga strategi mengikuti lomba menulis dan mendapat pekerjaan dari menulis di blog pribadi. Bukan hanya itu, ilmu terkait dunia blogging juga bisa didapatkan. Seperti SEO, Personal Brand hingga membuat penyajian gambar.

Baca juga:  Kapan ulang tahun Google? Hari ini ke 17

5. Menentukan Tujuan

Tips kelima adalah menentukan tujuan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk menentukan langkah mom blogger selanjutnya. Apakah menulis sekedar hobi atau menjadi mom blogpreneurship yang fokus menulis juga mendapat income dari menulis di blog.

6. Membuat Jadwal

Tips terakhir adalah membuat jadwal. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan antara tugas domestik, membersamai pengasuhan anak-anak dan berkarya sebagai mom blogger.

Menjadi Mom Blogger produktif yang tetap sehat secara mental dan fisik

Setelah menjadi mom blogger, kesibukan pasti akan bertambah. Namun para Ibu tidak lagi akan merasa kehilangan jati diri dan jenuh dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Namun hal ini bukan tanpa efek samping. Bertambahnya kesibukan pasti akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih agar semua pekerjaan terselesaikan dengan baik.

Hindarilah menulis atau kegiatan blogging hingga larut malam dan begadang. karena kesehatan itu nomor satu, Jika Mom blogger jatuh sakit, bukan hanya kegiatan blogging yang terganggu tetapi juga mengerjakan tugas domestik dan pengasuhan anak serta mengurus keluarga.

Tetap menjaga kesehatan, mengkonsumsi makanan sehat dan menjaga kesehatan mental agar semua aktivitas dapat diselesaikan dengan baik.

Demikianlah tips dari saya mengenai menjadi mom blogger yang produktif. Semoga bermanfaat.

 

Menjadi Mom Blogger Produktif

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *