Diskon Belanja Bisa Jebol Kantong

Publikasi Minggu, 28 Juni 2015 oleh Achmad Maulidi,
Diskon belanja apalagi gila-gilaan akan memprovokasi kita untuk mengeluarkan isi kantong dengan tidak terkontrol. Bagi yang berkantong pas-pasan alamat bisa jebol dan akan berbahaya bagi keuangan Anda.

Setidaknya ada beberapa tips untuk menjaga agar kantong tidak jebol saat menghadapi fenomena diskon belanja.

1. Tahan Nafsu Belanja

Berada di lokasi belanja dengan diskon yang gila-gilaan tentu akan membawa suasana seakan barang murah dan mendorong daya beli yang kuat. Untuk itu usahakan tahan diri sebelum mengambil barang dan membawa segera ke kasir.

Berpikir sejenak, adakah kebutuhan dan manfaat terhadap barang yang akan dibeli? Jika iya, coba periksa kondisi barang tersebut dengan teliti. Anda tidak akan menyesal nantinya jika barang tersebut tidak cocok. Bagi yang mengedepankan merek, coba cek dengan teliti, asli atau palsu.

2. Membandingkan Harga

Di beberapa toko terkadang dijumpai kasus menaikkan harga barang sebelum didiskon, hal ini perlu diwaspadai, jangan sampai membeli barang justru dengan harga yang lebih mahal dari harga normal. Sebelum hal ini terjadi, usahakan membandingkan terlebih dahulu harga barang serupa yang akan dibeli di tempat yang lain.

Dengan kata lain, keluar masuk toko hanya sekedar membandingkan harga dan kualitas barang akan lebih baik daripada hanya memilih barang di satu toko saja. Dengan demikian kita tidak terjebak dengan kata diskon untuk nantinya akan mendapatkan barang yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

3. Tidak Belanja Sendirian

Usahakan mengajak teman, saudara, suami/istri, bila ingin belanja di tempat diskon, hal ini dimaksudkan agar saat Anda bingung memilih barang dengan harga diskon di sana-sini. Dengan adanya teman belanja, Anda dapat bertukar pikiran tentang barang tersebut, apakah barang tersebut cocok, harga sesuai serta kualitas barangnya memang yang Anda inginkan.


Paling tepat lagi, Anda bisa membuat daftar kebutuhan yang akan dibeli di tempat diskon belanja tersebut hal ini dimaksudkan agar kantong tidak jebol serta menghindari belanja barang yang tidak diperlukan, meskipun dengan harga diskon.


Selamat berbelanja - Kanal Pengetahuan.

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus