Pengertian Publik

Publikasi Sabtu, 16 September 2017 oleh Achmad Maulidi,
Sebelum membahas pengertian publik perlu mengetahui latar belakang berkaitan dengan publik yaitu tidak terlepas dari kodrat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang memiliki hubungan manusia dengan manusia lainnya (sosiologis). Dengan kata lain, kelangsungan nilai hidup atau survival masyarakat maupun masing-masing anggotanya tergantung dari realisasi keseimbangan kepentingan individu dan masyarakat tempat individu itu menjadi anggotanya.

Oleh karena itu, perbedaan manusia yang secara lahiriah berbeda memiliki kebutuhan yang berbeda pula, sehingga memerlukan suatu penataan kebijakan publik yang artinya bahwa apa yang ada di luar kepribadian masing-masing individu adalah urusan publik.

Pengertian Publik

Pengertian Publik


Menurut The Lexicon Webster Dictionary cetakan tahun 1978, kata publik diserap dari bahasa Inggris public yang secara etimologis berasal dari bahasa Latin, publicus yang berarti for populicus dan populicus berasal dari kata populus yang berarti people

Selanjutnya kata public diartikan sebagai bukan perseorangan, meliputi orang banyak, berkaitan dengan atau mengenai suatu negara, bangsa, atau masyarakat, seperti digunakan dalam frase public finance (keuangan negara), public administration (tata usaha negara), public service (pelayanan publik), public transport (pengangkutan umum), public relation (hubungan masyarakat), public interest (kepentingan umum), dan lain-lain.

Menurut Herbert Blumer, pengertian publik adalah sekelompok orang yang dihadapkan pada suatu permasalahan dengan berbagai pendapat mengenai cara pemecahan persoalan tersebut, serta terlibat dalam diskusi mengenai persoalan itu.

Sedangkan Emery Bogardus mendefinisikan Publik adalah sejumlah orang yang bersatu dalam satu ikatan dan mempunyai pendirian sama terhadap suatu permasalahan sosial.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian publik adalah sekelompok orang (individu) yang masing-masing memiliki kepentingan dalam hubungan antar manusia (sosiologis).

Sebagaimana dinyatakan secara semantik tentang pengertian kata publik di atas bahwa kata publik meliputi pengertian orang banyak atau masyarakat beserta hubungannya. Sedangkan di dalam masyarakat itu sendiri terdapat berbagai bentuk masyarakat atau kesatuan sosial yang lebih kecil seperti suatu keluarga, suku bangsa atau suatu masyarakat daerah, atau suatu masyarakat profesi tertentu, maupun kolektivitas-kolektivitas sosial seperti pemerintah, negara, rakyat dan lain-lain.


Pengertian publik - Kanal Pengetahuan

Posting Komentar

Gunakan Nama yang wajar. Promosi, Out Of Topic, Link aktif akan dihapus