Perbedaan Mesin Motor Matic dan Manual

Mesin Motor Matic dan Manual

Sebelum Anda memutuskan untuk memilih sebuah motor, ada baiknya mengetahui tentang perbedaan dasar antara mesin motor matic dan mesin motor manual. Para pengendara sepeda motor seharus tahu bagian atau komponen terpenting dari setiap pilihan motor.

Perbedaan Mesin Motor Matic dan Manual

Tiap-tiap jenis mesin motor tentunya berbeda antara motor yang satu dengan motor lainnya. Semakin bagus komponen pada jenis mesinnya maka akan semakin bagus pula kinerja pada sebuah motor. Baik itu pada motor yang berjenis motor matic maupun motor manual.

Perbedaan utama mesin motor matic dan manual adalah pada transmisinya. Transmisi sepeda motor ada dua jenis yaitu otomatis dan manual. Pemakaian suatu sistem transmisi untuk sepeda motor nyatanya dipengaruhi pada jenis mesinnya.

Pada mesin motor manual pada umumnya terbagi lagi menjadi dua yakni dengan kopling seperti motor sport dan tanpa kopling seperti pada motor bebek. Namun, pada sebuah motor manual transmisi dan kopling digabungkan  pada ruang mesin sehingga sering disebut kopling basah karena terendam dalam oli di mesin.

Sedangkan pada mesin motor matic, transmisi tidak ada di dalam ruang mesin. Sebuah motor matic menggunakan teknologi CVT (continuously variable transmission) namun berbeda dengan yang ada di sebuah mobil. Transmisi CVT motor matic terpisah dan tidak ada dalam mesinya. Oleh karena itu, motor matic disebut menggunakan kopling kering karena tidak terendam pada oli mesinnya.

Adanya perbedaan inilah yang menjadikan sebuah motor manual tak dapat memakai oli motor matic. Begitu juga sebaliknya. Karena, masing-masing oli telah diproduksi secara khusus menyesuaikan pada kegunaannya setiap motor. Pada motor manual, oli mesin juga bertugas menjadi oli transmisi. Dengan kata lain satu oli ditujukan untuk tiga tujuan.

Sedangkan pada motor matic dimana posisi transmisi yang tidak berada pada ruang mesin menjadikannya memerlukan pelumas tersendiri. Pelumas tersebut lah yang disebut dengan istilah oli gardan. Dengan demikian pada sebuah motor matic cuma memerlukan oli pada mesinnya saja. Itulah mengapa sebuah motor matic harus menggunakan oli yang khusus sesuai rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia.

Perawatan Oli Mesin Motor

Saat ini motor matic banyak disukai oleh masyarakat karena penggunaannya dibandingkan dengan pemakaian motor manual karena lebih mudah saat dijalankan atau dikendarai. Namun kenyataannya perawatan pada mesin motor matic lebih sulit ketimbang sebuah motor manual.

Hal tersebut terjadi karena komponen motor matic lebih sulit dicari ketimbang motor manual. Apalagi jika mesin pada motor matic mengalami kerusakan yang sangat parah. Untuk itu perlunya perawatan rutin yang lebih ekstra dari mesin motor matic ketimbang motor berjenis manual.

Oli mesin pada sepeda motor berfungsi sebagai minyak pelumas, pendingin, pelindung dari karat, serta penyekat mesin. Pelumasan terhadap mesin yang digunakan untuk menghindari terjadinya gesekan langsung antara logam dalam mesin, sehingga tingkat keausan logam dan tingkat kerusakan mesin dapat dikurangi. Usia pakai (life time) mesin semakin awet.

Dengan klasifikasi dan jenis mesin yang berbeda-beda, dibutuhkan oli mesin dengan tingkat kekentalan yang berbeda-beda pula. Faktor kekentalan dan kejernihan oli merupakan besaran yang harus disesuaikan dengan klasifikasi mesin. Dengan demikian penggunaan jenis oli pelumas yang sesuai dapat digunakan menurut tipe, peforma maupun kebutuhan pengunaanya.

Permasalahan yang sering muncul pada masyarakat adalah penggunaan kendaraan yang hanya sebatas menggunakan kendaraan tanpa memikirkan kondisi kelayakan cairan pelumas mesin, padahal tiap mesin kendaraan memerlukan tingkat viskositas oli yang berbeda dan akan berpengaruh pada kemampuan pelumasan mesin sepeda motor. Inilah Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia.

Demikian informasi mengenai perbedaan mesin motor matic dan mesin motor manual. Masing-masing penggunaan mesin motor matic dengan mesin motor berbeda. Tentunya ada kelebihan dan kekurangan nya masing-masing. Itu semua tergantung dari selera masing-masing pengendara.

 

Perbedaan Mesin Motor Matic dan Manual

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.