7 Tips WFH Efektif dan Produktif Selama Pandemi

Tips WFH Efektif dan Produktif Selama Pandemi

WFH atau Work From Home mulai diberlakukan semenjak merebaknya penyebaran virus corona yang telah sampai di Indonesia pada awal tahun 2020. Pemerintah menghimbau WFH dengan tujuan untuk menekan penyebaran virus COVID-19. Namun hal ini cukup menyulitkan bagi yang belum pernah melakukan bekerja remote. Anda tak perlu khawatir, karena pada tulisan ini akan dibahas apa saja tips wfh yang benar.

Ikut 7 Tips Berikut Agar WFH mu Tetap Lancar!

Saat bekerja dari rumah, Anda mungkin akan kesulitan untuk mempertahankan performa kerja seperti saat bekerja di kantor. Terdapat banyak faktor yang dapat mengurangi produktivitas kerja Anda, diantaranya fasilitas yang terbatas, koneksi internet yang kurang baik, hingga gangguan dari anak. Oleh karena itu, supaya kegiatan WFH Anda lancar, lakukan beberapa tips berikut.

1. Memastikan Laptop Aman

Ketika bekerja dari rumah, yang Anda butuhkan paling utama adalah laptop. Dengan laptop itulah Anda dapat mengerjakan tugas-tugas kantor dengan mudah. Sebaiknya laptop yang digunakan adalah milik sendiri, supaya tidak mengganggu pekerjaan Anda. Pastikan laptop dalam keadaan baik dan aman. Aman maksudnya adalah terhindar dari jangkauan anak-anak, hewan peliharaan, maupun hal-hal yang dapat berpotensi merusak laptop.

Baca juga:  Feature Aplikasi Spider Paling Terbaru

2. Koneksi Lancar dan Aman

Setelah laptop, Anda juga butuh koneksi internet untuk bekerja dari rumah. Pastikan Anda menggunakan layanan internet untuk rumah yang berkualitas supaya tidak menghambat pekerjaan. Pilihlah provider yang mendukung lokasi rumah Anda, serta pastikan kecepatan koneksinya bagus untuk upload download file, dan lancar ketika digunakan untuk rapat online.

3. Gunakan Tools Produktivitas Kerja

Agar pekerjaan Anda efektif, mulai pertimbangan untuk menggunakan tools produktivitas kerja. Seperti contohnya dengan berlangganan Google Suite.

4. Berkomunikasi dengan Tim Sekantor

Pertahankan produktivitas kerja Anda dengan sering-sering berkomunikasi dengan tim se kantor. Bekerja secara online dari rumah akan membuat Anda dan rekan kerja sulit bertemu sesering sebelum pandemi.

Sehingga satu-satunya jalan untuk berkomunikasi adalah dengan menggunakan chat atau video call. Sering berkomunikasi dengan tim sekantor dapat mempertahankan koordinasi kerja yang baik. Anda juga dapat mem-follow up dan sharing informasi yang mungkin terlewat saat meeting online.

Baca juga:  Memilih Pabrik Tas Bandung Terpercaya dan Profesional

5. Buat Tempat Kerja Senyaman Mungkin

Kenyamanan bekerja juga menjadi salah satu tips wfh lancar. Buatlah ruangan atau tempat kerja senyaman mungkin. Seperti dengan menyediakan meja kerja, kursi yang nyaman, serta pendingin ruangan yang memadai.

Apabila Anda bekerja di kamar, hindari bekerja sambil tiduran di kasur. Hal ini dapat membuat Anda mudah mengantuk dan kurang semangat bekerja. Sebaiknya bekerja sambil duduk di meja kerja yang telah ditata sedemikian rupa seolah Anda sedang bekerja di kantor.

6. Buat Target

Target akan membuat pekerjaan Anda lebih efektif. Targetkan apa saja yang akan Anda kerjakan di hari itu. Buatlah daftar “what’s to do” supaya Anda bisa tetap fokus dan disiplin saat bekerja.  Anda juga bisa mengatur waktu bekerja. Karena di rumah, Anda pasti juga memiliki pekerjaan rumah lainnya, seperti mengurus anak. Oleh karena itu, tentukan juga berapa lama Anda bekerja supaya tetap seimbang antara bekerja dengan mengurus anak.

Baca juga:  Pilihan Tepat Ikut EF Adults Kursus Bahasa Inggris Profesional

7. Menjaga Semangat Kerja

Semangat bekerja saat WFH harus benar-benar dijaga supaya target bisa tercapai. Caranya adalah dengan mengatur suasana saat bekerja seperti di kantor. Contohnya dengan mengenakan seragam kerja.

Itulah 7 tips wfh supaya lancar selama masa pandemi. Pada dasarnya, kebijakan wfh dibuat agar pekerjaan tetap bisa dilakukan dengan optimal namun kesehatan juga terjaga. Dengan tips-tips berikut, diharapkan wfh yang Anda lakukan bisa berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan.

 

Tips WFH Efektif dan Produktif Selama Pandemi

You May Also Like

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *