Tips Memilih Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia

Jasa Perawat Home Care

Sebelum membalas permasalahan bagaimana memilih Jasa Perawat Home care Terbaik di Indonesia, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian dan ruang lingkup home care services (layanan perawatan di rumah) secara umum.

Home care services adalah pelayanan keperawatan yang berkesinambungan dan komprehensif di rumah yang disesuaikan dengan kebutuhan pasien baik itu individu maupun keluarga dan telah direncanakan, dikoordinasikan serta disediakan oleh pemberi pelayanan melalui staf berdasarkan perjanjian kerja atau kontrak.

Home care bertujuan untuk meningkatkan, mempertahankan, memulihkan kesehatan/memaksimalkan kemandirian dan meminimalkan kecacatan akibat dari penyakit. Oleh karena itu, perawat home care dalam memberikan layanan mengharuskan perawat  tinggal di rumah pasien, menjaga dan memberikan asuhan keperawatan yang di butuhkan oleh pasien.

Beberapa perawatan yang dibutuhkan untuk pasien kebutuhan khusus seperti orang tua, sakit kronis, pasca operasi atau orang cacat. Layanan perawatan di rumah termasuk juga:

  • Perawatan pribadi, seperti membantu memandikan, mencuci rambut, atau berpakaian, dll kepada pasien.
  • Melakukan pekerjaan rumah tangga, seperti mencuci dan binatu, membersihkan lingkungan sekitar, dll.
  • Memasak atau mengantarkan makanan untuk pasien.
  • Perawatan kesehatan layaknya di rumah sakit namun perawat datang ke rumah pasien.

Dalam pelayanan Home Care, perawat memiliki peran yang sangat besar, karena tugas perawat Home Care tidak hanya mengobati lukanya saja, tetapi pengobatan atau perawatannya dilakukan secara holistik (menyeluruh) meliputi bio, psikososial dan kultural kepada individu seperti manajer kasus, pelaksana atau pemberi asuhan, pendidik, kolabolator, konselor, penemu kasus dan melakukan rujukan hingga penataan lingkungan rumah.

Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia

Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia

Ada beberapa jenis institusi yang memberikan layanan Home Care (HC) baik itu oleh pemerintah maupun pihak swasta, antara lain:

1. Institusi Pemerintah

Di Indonesia pelayanan Home Care (HC) telah lama dilakukan oleh pemerintah, terutama dalam bentuk perawatan kasus/keluarga resiko tinggi kepada ibu, bayi, balita maupun lansia. Dalam hal ini HC dilaksanakan oleh tenaga keperawatan yang digaji oleh pemerintah (umumnya petugas puskesmas).

2. Home Care (HC) Berbasis Rumah Sakit 

Merupakan layanan perawatan lanjutan pada klien yang telah dirawat di rumah sakit pemerintah maupun swasta. Dikarenakan masih memerlukan bantuan layanan kesehatan, maka perawatan dilanjutkan di rumah.

3. Institusi Sosial

Institusi ini melaksanakan Pelayanan Home Care oleh institusi sosial dilakukan lakukan oleh LSM atau organisasi keagamaan dengan sukarela dan tidak memungut biaya. Biasanya biaya operasional didapat dari donatur.

4. Institusi Swasta

Kanal Pengetahuan

Institusi ini melaksanakan pelayanan Home Care (HC) dalam bentuk praktik mandiri baik perorangan maupun kelompok yang menyelenggarakan pelayanan HC dengan menerima imbalan jasa baik secara langsung dari klien maupun pembayaran melalui pihak ke tiga (asuransi).

Tips Memilih Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia

Dalam perkembangan, banyak bermunculan penyedia Jasa Home Care di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh sosial ekonomi masyarakat semakin meningkat sehingga masyarakat menuntut pelayanan kesehatan yang berkualitas tinggi.

Selain itu, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat sehingga informasi layanan kesehatan dengan cepat dapat diakses oleh semua orang sehingga informasi untuk mencari dan memilih Jasa Perawat Home Care semakin mudah dan cepat diketahui oleh masyarakat.

Oleh karena itu, agar tidak salah pilih dalam memilih layanan jasa perawat home care terbaik di Indonesia, ada beberapa tips yang perlu dicermati antara lain sebagai berikut:

1. Perencanaan dan Riset

Sebelum mencari dan memilih jasa perawat home care, ada baiknya membuat rencana yang matang terlebih dahulu tentang keperawatan yang dibutuhkan, seperti berapa lama pendampingan perawat home care, biaya serta bagaimana jenis perawat home care yang dibutuhkan.

Lakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu untuk mengetahui dan menentukan penyedia layanan perawat home care yang terbaik serta sesuai dengan kebutuhan. Riset bisa dilakukan dengan berkunjung ke website resmi dan media sosial mereka, atau melihat referensi di media massa. Pelajari dengan lengkap mengenai jasa home care tersebut.

2. Cari rekomendasi yang terpercaya.

Selain riset, untuk membuat keputusan mengenai perawatan sebaiknya juga mencari tahu pendapat dan penilaian kepada kerabat atau orang terdekat terhadap perusahaan home care yang akan Anda pilih tersebut. Dan cari tahu juga bagaimana layanan home care tersebut kepada orang yang sudah menggunakan.

Jika mencari perawat home care untuk penyakit tertentu seperti stroke, kanker, diabetes, demensia dan lainnya, ada baiknya meminta rekomendasi dari dokter atau ahlinya tentang kualitas perawat. Apakah perawat home care tersebut sudah terlatih, memiliki sertifikat serta sudah memiliki pengalaman dalam menangani penyakit tertentu?

3. Akreditasi Jasa Home Care

Pastikan perusahaan penyedia jasa home care telah memiliki izin atau terdaftar secara resmi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Penting untuk menanyakan kepada penyedia layanan home care, apakah perawat mereka telah memiliki Surat Tanda Register (STR) atau belum. Cek biografi dan profil perawat, serta pengalaman dari perawat yang akan dipilih.

4. Pelayanan Jasa Home Care

Hubungi pusat layanan home care secara langsung dan ajukan pertanyaan yang Anda miliki. Periksa apakah cukup informatif, responsif, profesional dan berpengalaman dalam menangani kebutuhan Anda. Tanyakan juga apakah melayani selama 24 jam / 7 hari agar bisa berkomunikasi secara efektif dengan layanan homecare untuk memastikan bahwa kebutuhan pasien akan terpenuhi di waktu yang tidak menentu.

Sebelum memutuskan menggunakan layanan perawatan home care, jika memungkinkan buat jadwal untuk menemui pihak penyedia layanan homecare. Selain itu dapat meminta kepada penyedia layanan home care agar perawatnya bisa mengecek kondisi pasien terlebih dahulu serta mengetahui kinerja perawat memperlakukan pasien, sebelum melakukan kontrak.

Tips Memilih Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia diatas tersebut dilakukan bertujuan untuk lebih meyakinkan Anda dan keluarga mengenai kualitas layanan home care yang nantinya akan dipilih. Ketika semuanya telah sepakat, dan perawat sudah datang ke rumah, barulah proses pembayaran dilakukan, untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Jasa Perawat Home Care Terbaik di Indonesia – Kanal Pengetahuan

Loading...

About the Author: Kanal Pengetahuan

Sekadar berbagi informasi dan pengetahuan sekitar kita secara singkat dan sederhana

8 Comments

    1. Kantor cabang Insan Medika area Malang Raya di SMKN 2 Malang dan bekerja sama dengan Open Recruitment Alumni siswa siswi SMKN 2 Malang serta beberapa SMK Kesehatan di Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *